Andre Rosiade dan Fadli Zon Lepas Mudik Gratis 3 Ribuan Warga ke Sumbar

Laporan: Bayu Primanda
Minggu, 16 April 2023 | 13:48 WIB
Pelepasan mudik gratis ke Sumbar/SinPo.id/Tim Media
Pelepasan mudik gratis ke Sumbar/SinPo.id/Tim Media

SinPo.id -  Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) menggelar mudik gratis untuk 3100 warga untuk lebaran 2023. Tahun ini, pelepasan digelar di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Umum DPP IKM Fadli Zon, Ketua Harian DPP IKM sekaligus Anggota DPR RI F-Gerindra dapil Sumbar Andre Rosiade, Ketua Organisasi Bundo Kanduang Nurdiati Akma. Tampak juga Anggota DPR RI F-Gerindra Himmatul Aliyah dan Anggota DPD RI dari Jakarta Fahira Idris.

“Saya tidak mau pidato panjang-panjang, kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh sponsor yang mendukung acara ini. Kalau Hari ini bisa 70 bis, tahun depan kita coba 150 bis,” kata Andre Rosiade dalam penggalan sambutannya, Minggu, 16 April 2023.

“Terimakasih panitia,” sambung Andre.

Sementara itu, Ketua umum DPP IKM Fadli Zon menuturkan, pihaknya bersyukur atas situasi saat ini, pulang basamo dapat dilaksanakan. Hal ini seiring dengan melandainya kasu COVID-19 di tanah air.

“Alhamdulillah kita bisa pulang basamo, dua tahun terakhir karena pandemi kita kesulitan. Ini satu satunya yang ada di dunia, yang ada mudik hanya ada di Indonesia, ini luar biasa, Islamnya Indonesia tidak ada di tempat lain. Hanya ada di Indonesia pergerakan seratus juta prang mungkin ke kampung masing-masing,” kata Fadli.

Ia memastikan, pergerakan dari perantauan kembali ke kampung halaman akan memberi manfaat dari sisi ekonomi di daerah.

“Pulang basamo ini pasti bermanfaat bagi urang minang, karena akan belanja di sana. Akan kuliner di sana, mungkin akan bagi-bagi THR di sana. Jadi, ini bermanfaat bagi orang di ranah minang. Saya sekaligus mengucapkan minal aidzin wal faidzin selamat Idul Fitri,” papar Anggota Komisi I DPR ini.

Mudik 3100 orang ke Sumatera Barat memiliki tujuan beragam, mulai dari Kota Padang, Bukit Tinggi, Tanah Datar, dan Kabupaten Kota lainnya.sinpo

Komentar: