MUDIK LEBARAN 2023

201 Mobile Storage Disiapkan untuk Antisipasi Lonjakan Permintaan BBM

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 17 April 2023 | 02:50 WIB
SPBU Pertamina (SinPo.id/ Dok. Pertamina)
SPBU Pertamina (SinPo.id/ Dok. Pertamina)

SinPo.id -  Senior Supervisor Communication & Relation Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah, Marthia Mulia Asri mengata kan PT Pertamina (Persero) menyiapkan 201 mobile storage untuk mengantisipasi lonjakan permintaan BBM pada mudik Lebaran 2023. Kantung BBM itu berupa truk tangki BBM dengan kapasitas rata-rata 24 kilo liter (KL). 

"Mobile Storage guna menjamin pasokan BBM di SPBU. Untuk wilayah Jawa Tengah disiagakan 8 unit mobile storage," kata Marthia pada Minggu 16 April 2023. 

Dia menjelaskan saat kantung BBM itu melakukan pengisian, unit serupa diberangkatkan terminal BBM. 201 mobile storage yang disiagakan ini meningkat 40 persen dari mudik Lebaran 2022. Truk ini merupakan cadangan suplai BBM bagi SPBU.

Dalam pelaksanaan, Pertamina menggunakan command data center dalam menempatkan kantung BBM di SPBU. Command center tersebut telah memetakan titik-titik SPBU pada jalur mudik. Sebagai contoh pada SPBU di rest area jalan tol Trans Jawa KM 379. Rest area sekitar 7,3 hektar ini menjadi titik pengisian BBM tertinggi di saat mudik Lebaran.

"Pada Lebaran tahun lalu puncak konsumsi gasoline 200 KL. Untung konsumsi normal sekitar 50 KL," kata dia.

Marthia menuturkan proyeksi puncak konsumsi BBM pada tahun ini hampir sama dengan tahun lalu. Pasalnya sudah ada rest area pada KM 338 yang mulai beroperasi pada tahun ini. Pada rest area tersebut pun sudah disiagakan kantung BBM.

"Rest area 338 itu memecah arus. Jadi tidak semua pemudik menumpuk atau mengisi BBM di rest area KM 379," tuturnya.

Pertamina berkoordinasi dengan pengelola rest area dalam memperlancar arus pengisian BBM. Ketika terjadi antrean pengisian BBM maka Pertamina melakukan "jemput bola" dengan mengerahkan armada motor yang membawa BBM kemasan. Hanya saja volume pengisian dibatasi 10 liter. Dengan 10 liter itu cukup bagi pemudik menjangkau SPBU di rest area berikutnya.
 sinpo

Komentar: