Kapolri Siapkan Satgas Pengamanan Khusus di Jalur Rawan

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 18 April 2023 | 08:55 WIB
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saat memberikan keterangan pers di Mabes Polri (Ashar/SinPo.id)
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saat memberikan keterangan pers di Mabes Polri (Ashar/SinPo.id)

SinPo.id -  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyiapkan satuan tugas (satgas) pengamanan khusus untuk jalur-jalur rawan tindak pidana selama periode Mudik Lebaran 2023. Bajing loncat (begal) dan penodongan adalah tindak pidana yang rentan terjadi saat Mudik Lebaran.

"Wilayah-wilayah potensi terjadi tindak pidana bajing loncat, penodongan, dan sebagainya. Kami telah siapkan satgas pengamanan, yang merupakan gabungan dari Brimob, Reserse, dan TNI untuk melakukan penyisiran," kata Sigit.

Pernyataan itu disampaikan saat Sigit memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2023 di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Senin, 17 April 2023.

Menurut Sigit, sebanyak 148.261 personel gabungan terdiri dari TNI-Polri dan stakeholder lainnya disiagakan demi memberikan rasa aman dan nyaman kepada pemudik. 

Mantan Kabareskrim Polri ini menekankan, kesiapan yang dilakukan untuk mewujudkan pelayanan dan pengamanan arus mudik jauh lebih baik lagi dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya. 

Apalagi pada tahun ini, kata dia, diprediksi masyarakat yang melakukan mudik meningkat sekitar 45 persen dibanding tahun lalu.

"Kami akan mempedomani instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memaksimalkan pengaturan serta pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2023," tuturnya.

sinpo

Komentar: