mudik lebaran 2023

Puan Ingatkan Posko Mudik Lebaran 2023 Punya Fasilitas Lengkap untuk Masyarakat

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 19 April 2023 | 19:59 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani. (SinPo.id/Galuh Ratnatika)
Ketua DPR RI Puan Maharani. (SinPo.id/Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan agar layanan posko mudik Lebaran 2023 di seluruh wilayah memiliki fasilitas lengkap untuk menunjang kebutuhan pemudik. Layanan posko-posko mudik itu bahkan diharap menjadi obat lelah perjalanan para pemudik.

"Untuk posko-posko mudik yang dibuat oleh pemerintah atau swasta, saya minta untuk mengedepankan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan menyediakan fasilitas yang lengkap," kata Puan melalui keterangan tertulis, Jakarta pada Rabu, 19 April 2023.

Puan juga mendorong pemerintah menyediakan tempat istirahat yang layak. Termasuk, tempat untuk salat dan toilet yang bersih.

Selain itu, Puan ingin posko mudik di titik-titik jalur darat menyiapkan fasilitas perawatan kendaraan. Bengkel kecil itu diperlukan pemudik jika terjadi kendala pada kendaraannya.

"Selain fasilitas lengkap untuk pemudik, posko mudik juga harus menyiapkan teknisi perbaikan kendaraan. Ini untuk meminimalisir adanya kendaraan mogok saat perjalanan mudik yang menggunakan jalur darat," kata Puan.

Mantan Menko PMK ini menekankan keamanan di seluruh posko mudik harus diperhatikan. Puan meminta kepada pihak kepolisian untuk menempatkan personel di seluruh posko mudik.

"Selain nyaman, keamanan juga harus dikedepankan. Anggota kepolisian harus berada di setiap posko-posko mudik. Ini bertujuan untuk memberikan rasa aman bagi pemudik yang hendak beristirahat di posko-posko," tegasnya.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu juga meminta agar tenaga kesehatan selalu siaga di setiap posko mudik. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya pemudik yang mengalami sakit saat perjalanan sehingga dapat segera ditangani.

"Tenaga kesehatan juga harus ada, ini penting apabila ada pemudik yang sakit saat perjalanan mereka. Harus segera ditangani, disiagakan juga ambulance di setiap posko mudik," kata Puan.

"Dengan begitu apabila ada keadaan mendesak dan memerlukan pertolongan, para pemudik bisa langsung menuju rumah sakit terdekat," timpal cucu Bung Karno itu.

Puan berharap setiap instansi yang terlibat dalam pelaksanaan mudik lebaran melakukan evaluasi berkala. Sinergi yang baik antarinstansi harus dilakukan secara baik dari tingkat pusat sampai ke petugas-petugas di lapangan.

"Kita ingin masyarakat dapat merayakan momen hari raya bersama keluarga di kampung halaman tanpa ada kendala. Untuk itu dibutuhkan kerja sama dan gotong royong dari semua pihak," tegas Puansinpo

Komentar: