SANDIAGA KE PPP

Pembelotan Sandiaga ke PPP Tak Perlu Tunggu Restu Prabowo

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 20 April 2023 | 15:31 WIB
Waketum Partai Gerindra Habiburokhman (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)
Waketum Partai Gerindra Habiburokhman (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)

SinPo.id - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra Habiburokhman menegaskan langkah Sandiaga Uno yang ingin hengkang ke PPP tak perlu menunggu restu partai. Sandiaga dipersilakan keluar jika ngebet bergabung ke PPP.

"Saya kurang paham maksudnya seperti apa (perlu restu Gerindra). Soal keluar masuknya orang dari satu partai ke partai lain enggak ada urusan dengan restu-restuan," kata Habiburokhman kepada wartawan, Jakarta, Kamis, 20 April 2023.

Habiburokhman kembali menggarisbawahi pernyataan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang ogah mempersoalkan kadernya yang ingin keluar dari partai. Sehingga, kata dia, tak perlu menunggu restu Gerindra, termasuk Prabowo kepada Sandiaga.

"Pak Prabowo sudah berulang kali menegaskan enggak ada masalah kalau ada kader yang mau keluar, jadi enggak perlu difestivalisasi pakai upacara pemberian restu untuk keluar terhadap kader tertentu," ujar Habiburokhman.

Habiburokhman menekankan Gerindra dan Prabowo memiliki agenda yang padat. Dia tak ingin kerja partai, khususnya Prabowo tersendat hanya karena keinginan Sandiaga keluar dari Gerindra.

"Agenda Pak Prabowo dan Gerindra padat sekali, kami fokus melayani rakyat," tegasnya.

Dia juga menegaskan aturan main partai politik (parpol) jika seorang kader pindah ke parpol lain maka secara otomatis status di parpol sebelumnya akan dinyatakan gugur.

"UU Parpol menegaskan kalau seseorang menjadi anggota satu partai maka status keanggotaannya di partai lain gugur dengan sendirinya," kata Habiburokhman.

Sebelumnya, Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono mengungkap rencana bergabungnya Sandiaga Uno ke partainya. Mardiono menyebut pengumuman Sandiaga sebagai kader PPP sedang menunggu pelepasan resmi dari Gerindra oleh Prabowo Subianto.

"Mudah-mudahan ya (Sandiaga akan diumumkan jadi kader PPP Mei), mudah-mudahan ya. Tergantung nanti kalau sudah dilepas oleh Pak Prabowo gitu ya, ya mungkin bisa kapan kita umumkan kalau nanti dengan Pak Prabowo sudah direstui secara resmi, ya mungkin kita umumkan ke temen-temen," kata Mardiono beberapa waktu lalu.

 sinpo

Komentar: