ARUS BALIK LEBARAN

Jasa Marga Prediksi 1,6 Juta Kendaraan Kembali Ke Jabodetabek Selama Arus Balik Lebaran

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 23 April 2023 | 21:14 WIB
Ilustrasi mudik Lebaran (SinPo.id/ Dok. Jasa Marga)
Ilustrasi mudik Lebaran (SinPo.id/ Dok. Jasa Marga)

SinPo.id - PT Jasa Marga memprediksi jumlah kendaraan yang akan kembali ke Jabotabek pada arus balik Lebaran 2023 mencapai 1,6 juta Kendaraan. Jumlah tersebut naik 5,1 persen dari jumlah volume kendaraan pada Lebaran 2022 dan naik 67,5 persen saat lalu lintas normal.

"Jumlah kendaraan yang akan kembali ke Jabotabek pada H+1 s.d H+7 di empat GT Barrier/Utama, akan mencapai 1,6 juta Kendaraan," kata Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana dalam keterangannya, Minggu, 23 April 2023.

Lisye mengatakan jumlah tersebut merupakan akumulasi arus lalu lintas dari empat (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), GT Cikampek Utama (arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (arah Bandung).

“Jika kenaikan di puncak arus balik diasumsikan sama dengan puncak arus mudik, yaitu naik sebesar 20 persen dari puncak arus balik Lebaran 2022, maka akan terjadi lonjakan arus balik sebanyak 203 ribu kendaraan yang akan kembali ke Jabotabek dari arah Timur,” ujarnya 

Untuk itu, Perusahaan BUMN ini mengimbau para pemudik untuk menghindari puncak arus balik yang diprediksi akan terjadi pada tanggal 24 - 25 April. "Asal kendaraan yang kembali ke Jabotabek mayoritas akan berasal dari arah Timur (arah Trans Jawa) sebesar 61,4 persen," tandasnya.sinpo

Komentar: