SATGAS EVAKUASI WNI

Kirim Satgas Evakuasi WNI di Sudan, Ini Instruksi Panglima TNI

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Senin, 24 April 2023 | 20:19 WIB
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono saat melepas Satgas Evakuasi WNI ke Sudan (SinPo.id/ Puspen TNI)
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono saat melepas Satgas Evakuasi WNI ke Sudan (SinPo.id/ Puspen TNI)

SinPo.id - TNI mengirimkan 39 prajurit yang dipimpin oleh  Kolonel Pnb Noto Casnoto (Dan Wing I Halim PK), dan tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Evakuasi WNI dengan menggunakan Pesawat TNI AU Boeing 737.  Satgas Evakuasi WNI di Sudan dilepas secara resmi oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono di Baseops Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin, 24 April 2023.
 
Dalam sambutannya Yudo menjelaskan, konflik bersenjata di Sudan sudah semakin mengkhawatirkan, dan dapat membahayakan keselamatan Warga Negara Indonesia (WNI) yang saat ini berada di Sudan. Oleh karenanya, perlu kehadiran TNI guna menyelamatkan para WNI.
 
“Tugas penjemputan WNI ke Sudan adalah tugas mulia sekaligus kehormatan yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, ingatlah bahwa kalian tidak hanya mewakili TNI namun juga sebagai duta bangsa Indonesia," ucap Panglima dalam keterangan resminya.
 
Yodo menuturkan, misi evakuasi seperti ini bukan yang pertama kali dilaksanakan oleh TNI. Pada tahun 2021, TNI melaksanakan  misi yang sama di Afghanistan dan Ukraina pada Maret 2022 lalu.

“Saya minta jadikan pengalaman kedua misi tersebut sebagai bekal dan evaluasi  agar misi yang kalian laksanakan  di Sudan dapat berjalan dengan aman dan lancar,” kata dia.
 
Lebih jauh Yudo juga meminta Satgas Evakuasi WNI untuk  fokus terhadap misi, dan mematuhi semua prosedur yang berlaku. Praajurit juga diminta mengidentifikasi semua risiko yang akan muncul dan melaksanakan langkah-langkah mitigasi yang konkret.

"Kemudian agar melaksanakan koordinasi dan komunikasi dengan Kementerian Luar Negeri, Atase Pertahanan dan jajaran KBRI yang ada di Sudan, untuk mendapatkan informasi terkini. Waspada dan alert sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik. TNI patriot NKRI," tegasnya.
 sinpo

Komentar: