ARUS BALIK LEBARAN

Polisi Sebut Arus Balik Sepeda Motor Jalur Kalimalang Masih Landai

Laporan: Sigit Nuryadin
Senin, 24 April 2023 | 21:38 WIB
Pemudik motor (SinPo.id/ NTMC Polri)
Pemudik motor (SinPo.id/ NTMC Polri)

SinPo.id - Polisi menyebut bahwa arus balik Lebaran tahun ini yang menggunakan sepeda motor di jalur Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, masih terlihat landai pada Senin, 24 April 2023.

"Kalau pemudik sepeda motor masih terlihat normal, biasanya berbeda dengan keberangkatan mengejar waktu Lebaran," ujar Kanit Turjawali Polres Metro Bekasi Kota AKP Ganda Siburian, Senin, 24 April 2023.

Menurut Ganda, masyarakat yang mudik menggunakan sepeda motor biasanya tidak memaksakan untuk pulang ke Jakarta pada awal-awal arus balik.

"Selama ini yang kita alami tidak terlalu signifikan banget, karena biasanya pemudik sepeda motor agak lebih santai tidak di awal arus balik," tuturnya.

Kendati demikian, dia menegaskan, bahwa seluruh personel kepolisian tetap melakukan persiapan dalam menghadapi arus balik Lebaran 2023 ini.

"Kita tetap menyiapkan anggota untuk mengantisipasi ramainya kedatangan pemudik dengan mengatur lalu lintas agar tetap lancar dan tertib," kata Ganda.

Seperti diketahui, pemerintah memprediksi puncak arus balik Idul Fitri 1444 Hijriah/Lebaran 2023 akan berlangsung pada 24 sampai 25 April serta 29 April hingga 1 Mei 2023.

"Dari analisis yang kami dapatkan, puncaknya dimulai pada Senin tanggal 24 April, Selasa tanggal 25 April, lalu Sabtu 29 April, Minggu tanggal 30 April dan Senin tanggal 1 Mei," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi usai Rapat Koordinasi Persiapan Arus Balik Idul Fitri 2023 di Jakarta pada Minggu, 23 April 2023.sinpo

Komentar: