Peningkatan Drastis Jumlah Kendaraan Jadi Penyebab Macet Parah di Puncak

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Rabu, 26 April 2023 | 19:15 WIB
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (SinPo.id/ Humas Polri)
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut kemacetan parah yang sempat terjadi di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, disebabkan adanya lonjakan volume kendaraan. Pernyataan tersebut disampaikan Kapolri Sigit usai memantau langsung kondisi arus balik lebaran 2023 di Gerbang Tol Cikampek Utama.

“Yang jelas terjadi beban, seharusnya jalur Puncak itu sekitar 28 ribu (kendaraan), tiba-tiba meningkat menjadi 120 ribu,” ujar Sigit dikutip dari laman Korlantas Polri, Rabu, 26 April 2023.

“Sehingga kemudian karena saat itu satu jalur ya one way sehingga kemudian perlu ada proses pengurangan karena terjadi beban yang sangat luar biasa,” sambungnya.

Diketahui, kemacetan parah terjadi di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kejadian ini viral setelah unggahan videonya beredar luas di media sosial (medsos). Dalam video yang beredar, tampak kemacetan tersebut terjadi pada malam hari. Terlihat antrean sepeda motor memenuhi seluruh badan jalan.

Menanggapi postingan viral ini, Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin mengatakan kapasitas jalan di Puncak normalnya menampung 28 ribu kendaraan. Namun semalam, kendaraan yang melintas mencapai 160 ribu.

“Berdasarkan perhitungan kami per pukul 00.00 WIB (Selasa), 60 ribu kendaraan lebih untuk roda empat dan 100 ribuan lebih untuk roda dua melintasi jalur Puncak dari sejak Minggu malam,” ungkap Iman kepada wartawan, Selasa, 25 April 2023.sinpo

Komentar: