Menhub: 50 Persen Lebih Kendaraan Belum Kembali ke Jakarta

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 27 April 2023 | 19:53 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi/Sinpo.id/Setkab
Menhub Budi Karya Sumadi/Sinpo.id/Setkab

SinPo.id -  Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan masih ada sekitar 55,8 persen kendaraan yang belum kembali ke Jakarta melalui Tol Trans Jawa. Sehingga diperkirakan 30 April dan 1 Mei 2023, menjadi puncak arus balik kedua.

Pasalnya, masih ada Lebaran Kupat di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Madura yang jatuh pada hari Minggu 30 April nanti. Maka masyarakat diprediksi akan melakukan perjalanan balik di hari Minggu atau Senin depan.

“Kita masih ada 5 hari lagi sampai dengan tanggal 1 Mei 2023 nanti untuk menjaga kelancaran arus balik," kata Menhub, Kamis 27 April 2023.

Ia mengatakan bahwa selain adanya lebaran kupat, pergerakan kendaraan di kawasan aglomerasi seperti Jakarta, Bandung, dan sekitarnya pada akhir pekan ini, juga akan menambah jumlah pergerakan kendaraan yang berpotensi mengakibatkan kemacetan total jika dibiarkan.

Oleh karena itu, Menhub mengimbau agar masyarakat dapat melakukan perjalanan balik mulai hari ini, Kamis, Jumat, serta Sabtu untuk menghindari kepadatan kendaraan di puncak arus balik pada Minggu dan Senin.

“Selama tiga hari ini, Jasa Marga memberikan diskon tarif tol 20 persen. Manfaatkan tiga hari ke depan untuk perjalanan balik, jangan di hari Minggu atau Senin,” tuturnya.sinpo

Komentar: