Indonesia Raih Penghargaan dari Erdogan atas Misi Kemanusiaan di Turki

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 27 April 2023 | 20:21 WIB
Penerimaan penghargaan dari Erdogan kepada Indonesia/Sinpo.id/BNPB
Penerimaan penghargaan dari Erdogan kepada Indonesia/Sinpo.id/BNPB

SinPo.id -  Pemerintah Indonesia mendapatkan penghargaan dari Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, atas misi kemanusiaan pascagempa berkekuatan 7,8 dan 7,6 SR di Kahramanmaras dan Hatay, Turki pada 6 Februari 2023 lalu. 

Duta Besar RI untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal, mengatakan penghargaan "Order of Superior Sacrifice Medal" merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Pemerintah Turki atas jasa penyelamatan pada saat bencana alam. 

"Turki telah hadir pada masa-masa sulit Indonesia seperti bencana Tsunami tahun 2006, gempa di Palu dan masa pandemi Covid-19 dengan memberikan bantuan obat-obatan dan ventilator. Indonesia bangga dapat hadir di Turki pasca gempa bumi Februari lalu," kata Dubes Iqbal, Kamis 27 April 2023.

Ia juga mengucapkan terima kasih karena Indonesia dapat hadir acara resmi "the State Superior Sacrifice Medal Award Ceremony" yang dihadiri oleh 90 Perwakilan asing di Turki dan stakeholders terkait di Turki.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia telah mengirimkan tim SAR dan misi kemanusiaan ke Turki dalam empat gelombang, termasuk pendirian RS lapangan di Hassa, Hatay, serta bantuan logistik kemanusiaan yang diperlukan oleh Turki seperti tenda, makanan, vaksin dan serum tetanus.

 

 sinpo

Komentar: