arus balik lebaran 2023

Jasa Marga Sebut Diskon tarif tol maksimalkan distribusi lalin arus balik

Laporan: Martahan Sohuturon
Jumat, 28 April 2023 | 05:58 WIB
Ilustrasi. Situasi arus lalu lintas di sekitar Gerbang Tol Cikampek Utama pada periode mudik Lebaran 2023 (SinPo.id/Antara)
Ilustrasi. Situasi arus lalu lintas di sekitar Gerbang Tol Cikampek Utama pada periode mudik Lebaran 2023 (SinPo.id/Antara)

SinPo.id - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyatakan bahwa pemberlakuan diskon tarif tol sebesar 20 persen bertujuan untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas (lalin) pada periode arus balik Lebaran 2023.

"Program diskon ini merupakan bentuk pelayanan serta apresiasi atas kerja sama pengguna jalan dalam sukseskan arus mudik sekaligus bertujuan untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas pada periode arus balik," ujar Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana dalam keterangannya di Jakarta pada Kamis, 27 April 2023

Lisye berharap dengan pemberlakuan program diskon ini dapat menghindari penumpukan kendaraan pada waktu tertentu, terutama yang diprediksi menjadi puncak arus balik Hari Raya Idul Fitri 1444 H, yaitu pada 30 April-1 Mei 2023.

Program diskon tarif tol ini juga diharapkan dapat menjadi referensi untuk masyarakat dalam mengatur kembali jadwal perjalanan agar lebih nyaman. Pemberlakuan diskon tarif ini juga disertai penerapan kebijakan pembatasan angkutan barang dan beberapa rekayasa lalu lintas (contraflow, one way, ganjil-genap) sehingga memaksimalkan distribusi lalu lintas.

Jasa Marga dan Badan Usaha Jalan Tol lainnya akan memberlakukan diskon tarif 20 persen untuk Jalan Tol Trans Jawa pada periode arus balik, yang semula hanya berlaku untuk tarif terjauh di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, kini akan berlaku untuk perjalanan menerus dari Semarang sampai dengan Jakarta, dengan melakukan tap in di GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang dan melakukan tap out di GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

“Diskon 20 persen untuk periode arus balik diberlakukan mulai hari ini, Kamis, 27 April 2023 sejak pukul 06.00 WIB tadi, hingga Sabtu, 29 April 2023 pukul 06.00 WIB," kata Lisye.

Menurut dia, diskon untuk perjalanan menerus ini akan menempuh sejumlah ruas jalan tol yang tidak hanya dikelola oleh Jasa Marga, namun juga oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lainnya, dimulai dari Jalan Tol Batang-Semarang, Jalan Tol Pemalang-Batang, Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Jalan Tol Kanci-Pejagan, Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Cikopo-Palimanan dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Besaran diskon tarif tol 20 persen untuk tarif perjalanan menerus dari Semarang menuju arah Jakarta adalah untuk Kendaraan Golongan I semula Rp372.000 menjadi Rp297.600, diskon sebesar Rp74.400. Kendaraan Golongan II dan III semula Rp575.000 menjadi Rp499.200, diskon sebesar Rp75.800. Kendaraan Golongan IV dan V semula Rp758.000 menjadi Rp655.600, diskon sebesar Rp102.400

Adapun khusus untuk di Jalan Tol Cikopo-Palimanan, diskon 20 persen hanya berlaku untuk kendaraan Golongan 1, sementara di ruas jalan tol lainnya berlaku untuk semua golongan kendaraan.

Sementara itu, Jasa Marga juga memberikan diskon 20 persen bagi pengguna jalan dari/menuju arah Bandung untuk tarif tol terjauh Jakarta-Cikampek di GT Kalihurip Utama yaitu sebesar Rp16.000 untuk kendaraan golongan I (semula Rp20.000). Diskon tarif 20 persen di GT Kalihurip Utama untuk tarif terjauh Jalan Tol Jakarta-Cikampek ini juga berlaku di periode yang sama dengan diskon tarif 20 persen di Jalan Tol Trans Jawa.

“Diskon ini berlaku untuk pengguna jalan yang menggunakan uang elektronik. Untuk itu, kami imbau pengguna jalan dapat memastikan kesiapannya sebelum melakukan perjalanan. Pastikan kecukupan saldo e-toll terutama untuk perjalanan menerus. Siapkan saldo e-toll minimal Rp500.000 untuk perjalanan dari Semarang ke Jakarta untuk menghindari kekurangan saldo saat melakukan transaksi di GT Cikampek Utama,” kata Lisye.sinpo

Komentar: