Pemilu 2024

Bertemu Airlangga, AHY Buka Pintu untuk Golkar Gabung Koalisi Perubahan

Laporan: Sinpo
Sabtu, 29 April 2023 | 22:59 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Ashar/SinPo.id)
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Ashar/SinPo.id)

SinPo.id - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) membuka pintu bagi Partai Golkar untuk bergabung dengan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Saat ini, KPP berisi tiga partai politik (parpol), yakni Partai Demokrat, Partai NasDem, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Pernyataan itu disampaikan AHY usai bertemu Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Puri Cikeas, Bogor pada Sabtu 29 April 2023 malam.

Ia mengatakan, Indonesia merupakan sebuah negara besar sehingga tidak mungkin hanya satu atau dua elemen saja yang berbuat untuk Indonesia.

"Koalisi Perubahan juga tentu membuka diri karena ini negara besar, tidak mungkin satu-dua elemen saja yang berbuat dan berperan. Kita, Golkar, dan Demokrat ingin berperan lebih besar lagi, lebih baik lagi untuk negeri kita," kata AHY.

Pertemuan antara elite Golkar dan Demokrat yang berlangsung selama lebih dari satu jam ini turut diikuti oleh Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

AHY tak memungkiri bahwa pertemuan ini turut membahas kemungkinan bagi Demokrat dan Golkar  bekerja sama demi Indonesia yang semakin maju dan sejahtera.

Ia pun mengenang, kerja sama yang pernah dijalin Demokrat dan Golkar di masa pemerintahan SBY dulu.

Airlangga pun menyebutkan bahwa partainya juga membuka pintu untuk berkomunikasi dengan partai-partai politik lain, termasuk Demokrat yang kini berbeda posisi dengan Golkar.

"Tentu saya menyampaikan bahwa Partai Golkar terus membuka silaturahmi dan dialog dengan partai-partai politik karena penting bagi Indonesia agar seluruh partai ini suasananya adem," kata Airlangga.

Ia juga bilang, Golkar memiliki filosofi yang sama dengan Demokrat berkaca pada pengalaman kedua partai bekerja sama pada masa pemeirntahan SBY.

"Tentu kebersamaan itu mempunyai sejarah yang sama-sama kita pahami," kata Airlangga.sinpo

Komentar: