TABRAKAN HELIKOPTER

Dua Helikopter Milik Tentara AS Tabrakan di Udara, Tiga Tewas

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Minggu, 30 April 2023 | 00:57 WIB
Helikopter Apache (SinPo.id/ US Army)
Helikopter Apache (SinPo.id/ US Army)

SinPo.id - Dua  helikopter tempur Apache Angkatan Darat (AD) Amerika Serikat (AS) bertabrakan di udara, saat menjalankan misi di Alaska. Peristiwa itu terjadi pada Kamis, 27 April 2023 waktu setempat.

Juru Bicara Angkatan Darat Amerika Serikat, Kapten Molly Treece mengatakan, tiga orang yang terbang dengan helikopter Apache itu ditemukan tewas. Sementara satu orang lainnya dilarikan ke rumah sakit.

“Dua helikopter AH-64 Apache dari Batalyon Serangan 1, Resimen Penerbangan ke-25, di Fort Wainwright jatuh hari ini di dekat Healy, Alaska, kembali dari penerbangan pelatihan,” cuit militer AS di Twitter, dikutip dari Reuters, Sabtu, 29 April 2023.

Sementara itu, Divisi Lintas Udara ke-11 AD AS, menyatakan tiga pilot tewas dalam kejadian itu dan seorang lainnya terluka. Apache merupakan helikopter serang yang diawaki dua orang, seperti jet tempur pada umumnya.

Dua orang tewas di tempat kejadian sedangkan satu pilot lainnya meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit. Sementara prajurit yang terluka dirawat di Rumah Sakit Memorial Fairbanks Alaska. Hingga saat ini belum diketahui penyebab kedua helikopter bisa bertabrakan.

Insiden tersebut diselidiki tim Pusat Kesiapan Tempur AD yang berbasis di Alabama.sinpo

Komentar: