SATGAS PANGAN POLRI

Satgas Pangan Polri Tak Temukan Penimbunan Sembako Selama Ramadan

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Minggu, 30 April 2023 | 06:15 WIB
Kasatgas Pangan Polri Brigjen Whisnu Hermawan (SinPo.id/ NTMC Polri)
Kasatgas Pangan Polri Brigjen Whisnu Hermawan (SinPo.id/ NTMC Polri)

SinPo.id - Kasatgas Pangan Mabes Polri Brigjen Whisnu Hermawan mengatakan, pihaknya melakukan operasi pasar sejak bulan Ramadan 2023. Selama kegiatan itu tidak ditemukan praktik penimbunan bahan pokok, baik di gudang maupun di pasar tradisional.

“Belum ditemukan adanya penimbunan. Harga di pasar relatif stabil,” kata Wisnu dikutip dari laman resmi Polri, Minggu, 30 April 2023.

Menurut Whisnu hingga saat ini tim Satgas Pangan Polri masih melakukan kegiatan yang sama di sejumlah pasar tradisional. Selain mencegah adanya penimbunan, mereka juga memantau perkembangan stok bahan pokok di pasaran.

Whisnu menyatakan Satgas terus melakukan pengawasan dan pengendalian harga bahan pokok selama Ramadhan hingga Lebaran 2023. Polri juga berupaya mengantisipasi gangguan terhadap proses distribusi bahan pokok menjelang hari besar keagamaan.

Hal ini sesuai dengan instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berdasarkan perintah langsung dari Presiden Joko Widodo untuk menekan angka inflasi. Khususnya, harga pangan selama hari besar Idulfitri 1444 H.

Satgas Pangan Polri lalu menggelar operasi di sejumlah pasar. Hasilnya, ketersediaan bahan pokok di pasar tradisional mencukupi. 

Kendati demikian, ada beberapa harga bahan pangan yang fluktuatif. Seperti, telur ayam ras, daging sapi, daging ayam ras, tepung terigu, minyak goreng, cabai dan beras.sinpo

Komentar: