KUNJUNGAN PRABOWO KE SUMBAR

Bangga Buatan Anak Bangsa, Prabowo Kenalkan Rantis Maung di Tanah Minang

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Minggu, 30 April 2023 | 17:47 WIB
Menhan Prabowo saat menaiki Rantis Maung di Sumatra Barat (SinPo.id/ Tim Media Prabowo)
Menhan Prabowo saat menaiki Rantis Maung di Sumatra Barat (SinPo.id/ Tim Media Prabowo)

SinPo.id - Kunjungan Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto ke Sumatra Barat diwarnai kejadian menarik yaitu saat ia mengendarai kendaraan taktis (rantis) Maung, produksi industri pertahanan nasional (indhan).

“Menjajal mobil 'Maung' di jalanan Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat. Mobil buatan PT Pindad yang terus kami dorong sebagai salah satu karya terbaik anak bangsa,” demikian tulis Prabowo di akun instagram resminya, @prabowo.

Saat memperkenalkan Maung kepada masyarakat tanah Minang, Prabowo duduk di balik kemudi Maung, dan mengantar Wamenaker Afriansyah Noor dari Istana Silindung Bulan menuju Istana Basa Pagaruyung, tempat dilangsungkannya pengukuhan gelar adat untuk Afriansyah, Sabtu, 29 April 2023.

Prabowo juga menaiki Maung saat menghadiri gelaran Pacu Kuda Wirabraja Tanah Datar Open Race dan Tradisional yang digelar di Tanah Datar, Sumatra Barat, Minggu, 30 April 2023. Orang nomor satu di Kementerian Pertahanan itu tidak canggung menaiki rantis Maung sambil sesekali melambaikan tangan ke masyarakat yang hadir di acara tersebut.

Jika ditelisik, Prabowo dan Maung memiliki hubungan yang sangat spesial. Ia merupakan sosok yang berperan besar di balik lahirnya rantis produksi PT Pindad ini.

Sejak awal menjabat sebagai Menteri Pertahanan, Prabowo memang sudah aktif berkomunikasi dengan Pindad terkait ide pembuatan rantis 4x4 ini. Bahkan, Maung juga merupakan nama yang diusulkan Prabowo untuk tactical vehicle ini.

Setelah rantis Maung generasi pertama hadir, Prabowo terus mendorong PT Pindad agar selalu melakukan beragam inovasi dan perbaikan. Hingga kini, BUMN tersebut dilaporkan telah meluncurkan generasi ketiga Maung dengan sejumlah keunggulan dari generasi sebelumnya, baik dari segi performace, power, struktur bodi, dan penampilan.sinpo

Komentar: