Hari Buruh Internasional 2023

May Day 2023, Ribuan Buruh Tumpah Ruah di Patung Kuda Jakarta

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 01 Mei 2023 | 11:55 WIB
Ribuan buruh menggelar aksi demonstrasi dalam peringatan Hari Buruh Internasional 2023 di Patung Kuda, Jakarta pada 1 Mei 2023. (SinPo.id/Khaerul Anam)
Ribuan buruh menggelar aksi demonstrasi dalam peringatan Hari Buruh Internasional 2023 di Patung Kuda, Jakarta pada 1 Mei 2023. (SinPo.id/Khaerul Anam)

SinPo.id - Puluhan ribu buruh telah berkumpul di Jakarta pada peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day yang jatuh pada hari ini, Senin 1 Mei 2023.

Pantauan SinPo.id di lokasi buruh mulai berdatangan pada pukul 10.00 WIB memenuhi sekitar Patung Arjuna Wijaya/Patung Kuda, Jakarta Pusat yang menjadi titik kumpul massa aksi.

Buruh berdatangan dari berbagai daerah menggunakan bus dan sepeda motor. Rombongan buruh langsung melakukan long march dengan berjalan kaki menuju titik kumpul.

Buruh terlihat membawa berbagai macam atribut bendera dan memakai kaos serikat buruh. Namun warna orange partai buruh mendominasi atribut yang mereka pakai.

Sebelumnya, Presiden Partai Buruh sekaligus Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan di Jakarta aksi akan digelar di dua lokasi yakni depan Istana Kepresidenan dan Istora Senayan. Ia mengklaim 50 ribu orang buruh sudah menyatakan akan hadir.

"Terkonfirmasi sampai pagi ini, terkonfirmasi hampir 50 ribu lebih, yang akan mengikuti aksi May Day," kata Iqbal dalam jumpa pers daring, Sabtu 29 April 2023.

Aksi kemudian akan bergeser ke Istora, Senayan, dimulai pukul 12.30 WIB. Di lokasi kedua, agenda aksi akan diisi oleh May Day Fiesta hingga pukul 17.00 WIB.sinpo

Komentar: