HARI BURUH INTERNASIONAL

Hari Buruh Internasional, Jokowi: Momentum Tingkatkan Perlindungan dan Kesejahteraan Pekerja

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 01 Mei 2023 | 15:58 WIB
Presiden Joko Widodo (SinPo.id/Setkab)
Presiden Joko Widodo (SinPo.id/Setkab)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan selamat kepada buruh dan pekerja di Indonesia yang merayakan Hari Buruh Internasional yang jatuh pada hari ini, Senin 1 Mei 2023.

Jokowi menyebut peringatan Hari Buruh Internasional sebagai momentum untuk terus memperluas kesempatan kerja, meningkatkan kesejahteraan buruh dan pekerja, serta melindungi hak buruh dan pekerja.

"Kepada seluruh buruh dan pekerja di seluruh Tanah Air Indonesia, saya mengucapkan, Selamat Hari Buruh Internasional 2023. Momentum ini harus kita manfaatkan untuk terus memperluas kesempatan kerja, meningkatkan kesejahteraan buruh dan pekerja, melindungi hak buruh, serta meningkatkan produktivitas dan daya saing nasional," kata Jokowi dalam keterangan Video, dikutip Youtube Sekretariat Presdien, Senin 1 Mei 2023.

Jokowi menekankan, agar peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) harus terus dilakukan, terutama melalui pengembangan pendidikan vokasional.

Selain itu, peningkatan kemampuan atau up-skilling dan re-skilling tenaga kerja juga tetus didorong oleh pemerintah, masyarakat dan industri melalui berbagai program, termasuk pelatihan di balai pelatihan kerja.

"Dan, pemerintah mengundang investasi dari dan luar negeri, untuk menambah kesempatan kerja baru. Mengurangi pengangguran, serta meningkatkan kesejahteraan buruh dan pekerja," ujarnya.

"Sekali lagi, Selamat Hari Buruh Internasional 2023," pungkas Jokowi.

 sinpo

Komentar: