HARI BURUH INTERNASIONAL

DLH Pastikan Jakarta Tetap Bersih Usai Pelaksanaan May Day

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 01 Mei 2023 | 17:35 WIB
Kepala DLH DKI Jakarta Asep Kuswanto (Sinpo.id/ Khaerul Anam)
Kepala DLH DKI Jakarta Asep Kuswanto (Sinpo.id/ Khaerul Anam)

SinPo.id - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan Ibu Kota akan tetap bersih usai aksi buruh pada peringatan Hari Buruh Internasional 1 Mei 2023 atau May Day.

Kepala DLH DKI Jakarta Asep Kuswanto menyebut pihaknya telah menugaskan setiap Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi agar memastikan penanganan sampah di lokasi aksi buruh di wilayahnya masing-masing. 

“Begitu usai aksi buruh, kami langsung bergerak membersihkan,” kata Asep dalam ketetanganya, Senin 1 Mei 2023.

Asep memaparkan, di Jakarta Pusat di mana aksi buruh terkonsentrasi di Jalan Medan Merdeka Utara dan sekitarnya, pihaknya mengerahkan 150 petugas kebersihan, 10 street sweeper atau mobil penyapu jalan otomatis, 10 truk sampah jenis dump truck, dan lima pick up.

Sementara itu, konsentrasi buruh di sekitar Gelora Bung Karno (GBK) dan Gedung MPR/DPR, Dinas Lingkungan Hidup mengerahkan 100 petugas kebersihan, lima dump truck, 12 pick up lintas dan empat street sweeper. 

“Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan berbagi tugas menanganinya bersama PPSU kelurahan terkait,” ujarnya.

Sedangkan acara peringatan Hari Buruh Internasional di Jakarta Utara digelar di GOR Rawa Badak. Asep mengungkapkan, Sudin LH Jakarta Utara mengerahkan 100 petugas kebersihan.

Kemudian armada berupa dua truk sampah jenis Dump Truck Besar, lima pick up lintas, tiga unit bus toilet, satu tangki air bersih, satu tangki air kotor, dan tiga gerobak motor untuk melakukan penanganan sampahnya.

Di samping itu, Dinas Lingkungan Hidup juga mengadakan uji emisi gratis untuk kendaraan berbahan bakar solar dan bensin, sosialisasi peraturan lingkungan yang berkaitan dengan perusahaan, konsultasi pengelolaan limbah B3 industri, dan pembagian bibit pohon di GOR Rawa Badak.

Asep memastikan, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta akan terus bersiaga dari sebelum sampai kegiatan aksi buruh selesai.

“Ini untuk memastikan Ibu Kota tetap Bersih pasca aksi buruh,” tandasnya.sinpo

Komentar: