CAPRES KOALISI BESAR

Pertemuan Ketum Parpol di Istana Jadi Sinyal Prabowo Capres Koalisi Besar

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 03 Mei 2023 | 15:24 WIB
Silaturahmi Presiden Jokowi dengan Prabowo dan Ketum Parpol koalisi (SinPo.id/ Tim Media Prabowo)
Silaturahmi Presiden Jokowi dengan Prabowo dan Ketum Parpol koalisi (SinPo.id/ Tim Media Prabowo)

SinPo.id - Potensi pembentukan Koalisi Besar dinilai semakin terlihat nyata. Sinyal potensi terbentuknya poros ini terlihat pascapertemuan para ketua umum (ketum) partai politik (parpol) pendukung pemerintah dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Selasa, 2 Mei 2023.

Para ketum parpol yang bertemu kemarin dinilai telah menunjukkan gestur kesepakatan membentuk Koalisi Besar. Bahkan, para ketum parpol itu memberi sinyal telah memilih Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) untuk Pilpres 2024.

"Kelihatannya bisa saja membentuk koalisi besar dan saya melihat dan mengamati sinyal koalisi besar itu capresnya Prabowo," kata pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komaruddin kepada wartawan, Jakarta, Rabu, 3 Mei 2023.

Menurut dia, jika melihat peta politik yang ada saat ini, Prabowo diusung oleh Gerindra, Ganjar Pranowo diusung oleh PDIP, dan Anies Baswedan diusung oleh NasDem. 

"Ketum-ketum parpol itu terlihat happy ya saya lihat malam ini, dan nampaknya Koalisi Besar itu bakal terbentuk. Kita lihat ke depan, apakah besok akan ada hasil pasti dari pertemuan malam ini di istana," kata Ujang. 

Sebelumnya, di akhir pertemuan malam ini, Airlangga sebagai Ketum Golkar sempat mengutarakan bahwa hari ini pihaknya akan bertemu dengan PKB.

Kendati begitu, Airlangga tak menjelaskan detail pertemuan itu untuk mematangkan pembentukan Koalisi Besar. Dia hanya menyebut pertemuan itu untuk silaturahmi dalam rangka Idulfitri.sinpo

Komentar: