Puji Pelaksana, Sri Wahyuni: Mudik Lebaran 2023 Berjalan Lancar

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 04 Mei 2023 | 11:59 WIB
Anggota Komisi V DPR RI dari Partai Nasdem Sri Wahyuni. Dok Istomewa
Anggota Komisi V DPR RI dari Partai Nasdem Sri Wahyuni. Dok Istomewa

SinPo.id - Anggota Komisi V Sri Wahyuni menyambut baik pelaksanaan mudik Lebaran 2023. Dia memuji kerja seluruh pihak yang terlibat mengawal hingga mengamankan para pemudik selamat sampai tujuan.

"Tentu kita menyambut baik kerja para pihak pelaksana hingga mudik lebaran tahun ini berjalan lancar," kata Sri kepada SinPo.id, Jakarta, Kamis, 4 Mei 2023.

Menurut dia, strategi pengamanan yang baik dari Polri dan Kementerian Perhubungan Kemenhub) berhasil menekan angka kecelakaan lalu lintas (lalin) selama masa mudik lebaran. Termasuk, meminimalkan kemacetan di titik-titik perlintasan mudik.

"Ini mudik dengan pengamanan yang baik, angka kecelakaan bisa ditekan, kepadatan kendaraan juga terurai, tak ada keluhan dari masyarakat," ucapnya.

Di sisi lain, politikus Partai NasDem ini juga bersyukur sejumlah masukan dari banyak pihak untuk persiapan pengamanan mudik diterima baik oleh pemangku kebijakan. Salah satunya usulan dari Sri, yakni pemberlakuan ganjil genap selama pelaksanaan mudik.

Sri sebelumnya mengusulkan pemberlakuan sistem ganjil genap pada mudik Lebaran 2023. Sistem ini bahkan diharap sudah bisa diterapkan sejak H-3 atau H-5 pergerakan pemudik.

"Kita apresiasi pemangku kebijakan terbuka menerima masukan dari banyak pihak, termasuk mitra kerja, pemberlakuan one way hingga ganjil genap terbukti mengurai persoalan mudik selama ini," kata Sri.

Kendati begitu, Legislator Dapil Jatim VII itu berharap baik Kemenhub atau Polri tidak berpuas diri dengan capaian tersebut. Dia ingin ke depan, kekurangan dalam pelaksanaan mudik tahun ini dievaluasi hingga pengamanan mudik tahun berikutnya bisa berjalan lebih baik lagi.sinpo

Komentar: