WISATA EKONOMI PAPUA

Dukung Potensi Wisata Ekonomi, Menhub Diminta Susun Ulang Jalur Transportasi di Papua

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 04 Mei 2023 | 16:58 WIB
Wisata Raja Ampat (SinPo.id/ indonesiatravel)
Wisata Raja Ampat (SinPo.id/ indonesiatravel)

SinPo.id - Dalam rangka mendukung potensi wisata ekonomi masyarakat di Papua, Menteri Perhubungan diminta untuk membuat desain besar (grand design) ulang terkait dengan jalur transportasi yang ada di wilayah timur.

"Dengan begitu pengembangan potensi wisata ekonomi masyarakat di wilayah timur, di wilayah- wilayah terisolir ini bisa berkembang dengan baik," kata anggota Komisi I DPR RI, Yan Permenas Mandenas, dikutip Kamis 4 Mei 2023.

Selain itu, ia meminta agar grand design tersebut memuat tentang strategi percepatan pengembangan pariwisata dengan menyiapkan SDM-SDM vokasi yang bisa mendukung aktivitas pariwisata di setiap daerah. Sehingga, dibutuhkan tenaga terampil, yang juga didukung oleh kebijakan pemerintah.

“Daerah yang memang menjadi tujuan destinasi wisata domestik maupun international kalau itu bisa dilakukan, maka masyarakat itu akan sendirinya mampu untuk mengelola potensi wisata yang mereka miliki," ungkapnya.

Terlebih, kata Yan, potensi perikanan di wilayah Timur juga sangat potensial, namun tidak didukung oleh alokasi BBM subsidi Pemerintah, karena masih ada penimbunan BBM di Papua yang dijual secara ilegal.

“Kalau di seluruh (wilayah) Papua ini polisi benar-benar serius menyelidiki masalah kasus BBM, banyak sekali masalah di sini. Karena saya keliling masalah BBM selalu menjadi masalah utama di Papua, apalagi di Biak rata-rata masyarakat mencari ikan dengan menggunakan perahu motor, itu sangat bergantung sekali ke BBM," paparnya.

Di samping itu, jalur navigasi udara ke Papua melalui connecting flight dari Jakarta-Makassar sampai dengan daerah-daerah lain di Papua juga dinilai masih sangat kacau. Hal itu juga menjadi faktor potensi wisata ekonomi masyarakat di wilayah timur tidak berkembang dengan baik.sinpo

Komentar: