angkutan umum

Permudah Mobilisasi Warga Bogor ke Jakarta, Pemprov DKI Sediakan Transjakarta

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 04 Mei 2023 | 21:20 WIB
Pj Gubernur DKI Heru bertemu Walikota Bogor Bima Arya bahas kerjasama transportasi (SinPo.id/ PPID DKI)
Pj Gubernur DKI Heru bertemu Walikota Bogor Bima Arya bahas kerjasama transportasi (SinPo.id/ PPID DKI)

SinPo.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menyediakan bus Transjakarta untuk memfasilitasi warga Bogor yang masuk ke Ibu Kota.

Rencana tersebut setelah Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto bertemu membahas rencana kerja sama di sektor transportasi. 

“Kami sudah berdiskusi, jika ada kepadatan (lalu lintas) di Bogor, maka akan difasilitasi untuk bisa masuk ke Jakarta menggunakan bus Transjakarta,” kata Heru di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis, 4 Mei 2023.

Heru menjelaskan, pertemuan keduanya membahas beberapa hal terkait transportasi. Tujuannya untuk mempermudah mobilitas warga Bogor dan mengurangi angka kemacetan.

Selain itu, PT Transjakarta juga akan berdiskusi dengan Perumda Trans Pakuan milik BUMD Pemkot Bogor untuk pembahasan lebih lanjut guna menentukan titik koordinasi perpindahan mobilitas kedua wilayah tersebut.

"Hal itu diharapkan dapat meningkatkan konektivitas Jakarta dan Bogor, mengingat kapasitas moda transportasi yang ada seperti kereta komuter masih terbatas dan masih banyak masyarakat yang menggunakan tol Jagorawi. Sehingga jika didukung dengan penyediaan bus sambungan akan sangat efektif," ujarnya.

Lebih lanjut, Heru menambahakn, pihaknya akan menyediakan bus Transjakarta di Cibubur. Saat ini, Pemprov DKI tengah mengurus perizinannya ke Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

"Dalam diskusi tersebut, ada penambahan layanan rute (Trans Pakuan) dari Bogor ke Cibubur (Jakarta). Kita menjemputnya, menyambungnya di Cibubur untuk masuk ke kota Jakarta (dengan Transjakarta)," tandasnya.sinpo

Komentar: