KIB Gamang, Pengamat: Ada Gelagat Partai Golkar Gabung KKIR

Laporan: Bayu Primanda
Jumat, 05 Mei 2023 | 10:12 WIB
Pertemuan para petinggi Partai Golkar dengan Prabowo Subianto/Sinpo.id/tim media
Pertemuan para petinggi Partai Golkar dengan Prabowo Subianto/Sinpo.id/tim media

SinPo.id - Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro menilai ada gelagat partai Golkat bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) besutan Gerindra-PKB. Pasalnya, Golkar gamang usai rekan sekolaisinya, PPP mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres 2024.

"Dalam konteks Partai Golkar dengan mencermati dari komunikasi politik dibangun oleh Airlangga Hartarto dengan menemui Prabowo memang ada gelagat dari Partai Golkar untuk berusaha mencari peluang berkoalisi dengan Partai Gerindra dan PKB," kata Bawono kepada Sinpo.id, Jumat, 5 Mei 2023.

Menurut Bawono, Golkar akan mudah klop dengan KKIR, khususnya Gerindra yang notabene kawan dekat sejak lama.

"Apalagi Partai Golkar dan Partai Gerindra berasal dari rahim sama, sebagaimana diketahui di masa lalu ketua umum dari Partai Gerindra Prabowo merupakan bagian dari keluarga besar Partai Golkar. Jadi terdapat kesamaan gen politik," kata Bawono.

"Bagi Partai Golkar memang lebih terasa klop bila di satu barisan koalisi dengan Partai Gerindra ketimbang dalam barisan koalisi dengan PDI Perjungan," imbuhnya.

Diketahui, capres terkuat dari partai-partai inisiator Koalisi Besar saat ini ialah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang merupakan representasi KKIR. Sementara di KKIR, ada nama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang digadang menjadi cawapres.

Kendati begitu, KIB punya nama Airlangga Hartarto yang merupakan Ketua Umum Partai Golkar. 

Kekinian, hal terkait capres dan cawapres Koalisi Besar belum spesifik masuk pembahasan. Baik KIB maupun KKIR sedang merancang kesamaan visi guna membangun koalisi besar terlebih dahulu.sinpo

Komentar: