EKONOMI PASCA PANDEMI

Menkeu: ADP Penting bagi Negara yang Kesulitan Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemi

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 05 Mei 2023 | 18:10 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menekankan pentingnya Bank Pembangunan Asia atau Asian Development Bank (ADB) dalam membantu negara-negara yang kesulitan memulihkan ekonominya pasca pandemi. Hal tersebut disampaikan Sri Mulyani saat bertemu dengan para Gubernur Bank Sentral Negara Anggota ASEAN+3.

Ia menyatakan semua telah sepakat bahwa ADB harus menggunakan neraca keuangannya secara lebih maksimal dan efisien di tengah ancaman perubahan iklim dan krisis ekonomi yang melanda sejumlah negara, seperti yang dialami Sri Lanka dan Afghanistan.

"Ini adalah tugas yang sangat berat bagi ADB. Dukungan finansial dan bantuan teknis sangat berarti," kata Menkeu, Jumat 5 Mei 2023.

Selain itu, ia mengatakan bahwa Indonesia terus mendorong isu perubahan iklim melalui climate change finance dan juga mekanisme transisi energi dimana ADB memberikan dukungan yang sangat kuat. Namun, Indonesia juga terus meningkatkan kapasitas ADB dalam merespons kebijakan dan kesulitan ekonomi negara berkembang lainnya.

"Saya yakin, seluruh pembicaraan penting ini sangat menentukan terhadap multilateral development banks seperti ADB," ungkapnya.

Di samping itu, kata Menkeu, Indonesia juga terus menyuarakan pentingnya pembangunan yang harus terus diteruskan di berbagai negara dan juga pentingnya kerja sama multilateral dalam menghadapi berbagai tantangan global demi kesejahteraan bersama.sinpo

Komentar: