Kurangi Kemacetan, Durasi Lampu Merah Otista Bogor Diperpanjang

Laporan: Bayu Primanda
Minggu, 07 Mei 2023 | 04:20 WIB
Proses pengecekan lalu lintas di ruas jalan Otista Bogor/Sinpo.id/RSD
Proses pengecekan lalu lintas di ruas jalan Otista Bogor/Sinpo.id/RSD

SinPo.id -  Satlantas Polresta Bogor Kota, Polda Jawa Barat memperpanjang durasi lampu lalu lintas di beberapa titik pengalihan arus untuk mengurai kemacetan yang terjadi selama tahap awal revitalisasi Jembatan Otto Iskandar Dinata (Otista).

"Di hari keempat sudah ada kemajuan, artinya dari hari pertama itu beberapa titik kepadatan, hari kedua, hari ketiga, hari keempat itu kepadatan-kepadatan bisa dikurangi," kata Kasatlantas Polresta Bogor Kota Kompol Galih Apria saat dikonfirmasi di Kota Bogor, Sabtu, 6 Mei 2023.

Contoh, kata Galih, dua kepadatan yang selalu menjadi perhatian adalah bundaran di depan Bundaran Lippo Plaza Ekalokasari dan Warung Jambu.

Kompol Galih menyampaikan, setelah Satlantas Polresta Bogor Kota melakukan penempatan personel dan melakukan penelitian langsung di lapangan, ternyata antrean kendaraan di bundaran depan Lippo Plaza Ekalokasari itu berhenti, setelah durasi lampu lalu lintas dari arah Pajajaran ditambah 20 detik dan pulau jalan yang ada di Lawang Gintung dibongkar.

Selanjutnya, untuk titik kemacetan di sekitar Warung Jambu, durasi lampu lalu lintas yang dari arah Pajajaran telah ditambah 15 detik karena dari arah BORR ditambah 15 detik juga sehingga kemacetan turun.

"Yang biasanya setiap hari (setelah rekayasa lalu lintas) sampai jam 7 (malam) WIB, setengah 8 WIB malam, nah sekarang pukul 6 (petang) WIB atau pukul 5.45 WIB (sore) saja sudah terurai," kata Kompol Galih.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor merevitalisasi Jembatan Otista yang berada di jalur utama pusat kota, sekaligus salah satu akses rombongan VVIP Presiden Jokowi berangkat dan pulang menuju Istana Bogor.

Anggaran revitalisasi mencapai Rp101 miliar dari bantuan Provinsi Jawa Barat. Sebanyak Rp52 miliar untuk pembebasan lahan yang telah dilakukan beberapa tahun lalu dan Rp49 miliar untuk biaya pembangunan ulang.

Sejak lama, Pemkot Bogor bersama Polresta Bogor Kota memberlakukan sistem satu arah (SSA) di sepanjang persimpangan Jalan Pajajaran Tugu Kujang menuju Jalan Otista, Jalan Ir H Djuanda, Jalan Sempur hingga kembali ke Tugu Kujang.

Di sepanjang jalur tersebut terdapat Tugu Kujang sebagai ikon Kota Bogor, Pasar Bogor, Plaza Bogor, Kebun Raya Bogor, pusat kuliner Suryakencana, Mal BTM, Balai Kota Bogor, Dempom, Istana Bogor, Lippo Plaza Keboen Raya, Kampus IPB Baranangsiang, dan Mal Botani Square.sinpo

Komentar: