COVID-19

Menkes Pastikan Indonesia Siap Masuk Tahap Endemi Pasca Covid-19

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 08 Mei 2023 | 00:03 WIB
Ilustrasi Covid-19 (SinPo.id/Pixabay)
Ilustrasi Covid-19 (SinPo.id/Pixabay)

SinPo.id -  Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, mengatakan Indonesia siap masuk masa endemi pasca pandemi Covid-19. Namun, dia tak menjelaskan persiapan dari pencabutan pandemi Covid-19 itu karena perlu konsultasi dan menunggu keputusan presiden.

"Kami juga lapor ke WHO, Indonesia sudah siap tapi ini kan pandeminya bersifat dunia, nggak mungkin Indonesia jalan sendiri. Jadi membantu menyakinkan semua dan juga WHO bahwa negara-negara lain juga sudah siap," kata dia pada Minggu 7 Mei 2023. 

Pada Jumat 5 Mei 2023, WHO sudah mencabut status kedaruratan global Covid-19. WHO tidak menyebutkan kapan pandemi berakhir.

Sampai saat ini, Kementerian Kesehatan belum memutuskan apakah Indonesia sudah masuk fase endemi. Kini, Indonesia masih menghadapi penyebaran Covid-19 varian Acturus.

"Sekarang ujiannya memang ya sekarang varian Acturus. Tapi kalau saya lihat angkanya kita masih 2.000-an kasus per hari dan puncak itu terjadi kalau dominasi suatu varian tuh sudah mendekati 95 persen. Sekarang yang acturus ini sudah 85-90 persen, jadi puncaknya sekarang sudah akan lewat," ujarnyasinpo

Komentar: