SEA GAMES 2023

Semifinal Cabor Badminton: Beregu Putri Jumpa Filipina, Putra Tantang Singapura

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 10 Mei 2023 | 04:31 WIB
SEA Games 2023 Kamboja (RCTI Plus)
SEA Games 2023 Kamboja (RCTI Plus)

SinPo.id -  Cabang olahraga bulu tangkis sudah masuk babak semifinal di SEA Games 2023. Beregu putri menghadapi Filipina, sedangkan beregu putra melawan Singapura. Babak semifinal akan berlangsung pada Rabu 10 Mei 2023

Di babak perempatfinal, beregu putri menang 3-0 atas Kamboja. Adapun lawan yang akan dihadapi adalah Filipina yang membuat kejutan setelah menyingkirkan Malaysia.

“Kami tidak mau terlalu memikirkan apa yang dilakukan lawan, kami harus fokus saja pada diri masing-masing. Untuk besok karena persiapan sudah bagus, saya berharap para pemain bisa tampil dengan keyakinan dan kepercayaan diri yang tinggi. Saya rasa kami bisa mengatasi perlawanan tim Filipina,” kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI, Rionny Mainaky, seperti dilansir laman PBSI pada Selasa 9 Mei 2023.

Tim beregu putri Indonesia sendiri memulai perjuangan dengan sempurna. Menang atas Kamboja. Bertanding di Badminton Hall Morodok Techo, Komang Ayu Cahya Dewi yang menjadi tunggal putri pertama membuka skor dengan mengalahkan Phon Chenda 21-4, 21-4.

Ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi menggandakan skor lewat kemenangan 21-15, 21-12 atas Chheng Huy/Seavty Teav. Ester Nurumi Tri Wardoyo akhirnya menutup kemenangan Indonesia dengan mengungguli Heang Leakhena 21-6, 21-8.

“Beregu putri hari ini menang 3-0 lawan Kamboja di pertandingan pertama. Saya melihat tunggal pertama, ganda pertama dan tunggal kedua bermain cukup bagus. Memang terlihat dari pemanasan juga bagus dan mereka tidak ragu-ragu. Saya harapkan besok tampil lebih bagus lagi,” ucap Rionny.

Perhatian khusus juga diberikan Rionny kepada para pemain yang tidak sempat turun berlaga. Kakak dari Rexy Mainaky itu pun memberikan program latihan agar kondisi pemainnya tetap terjaga.

“Tadi memang ada beberapa pemain kami yang tidak sempat turun, jadi tadi mereka saya berikan program latihan sekitar satu jam untuk menjaga kondisi dan performanya stabil. Karena satu hari saja tidak latihan atau bertanding pasti berpengaruh,” tukas Rionny.

Selain tim putri, tim putra juga akan bertanding di babak semifinal besok. Chico Aura Dwi Wardoyo cs akan bersua Singapura di lapangan satu pada pukul 12.30 WIB

Pelatih ganda putra Aryono Miranat mengingatkan timnya untuk tidak lengah mengingat Singapura tampil dengan kekuatan terbaiknya. Sebut saja Loh Kean Yew di sektor tunggal dan Hee Yong Kai Terry/Loh Kean Hean di sektor ganda.

“Kami tidak boleh lengah di partai melawan Singapura besok karena mereka turun dengan kekuatan terbaik. Kami sudah melihat permainan mereka kemarin melawan Filipina dan ya semua sudah bersiap,” ucap Aryono kepada Tim Humas dan Media PP PBSI.

“Kondisi Bagas/Fikri dan Pramudya/Yeremia saat ini sangat fit dan prima, semoga ini bertahan sampai besok di pertandingan,” Aryono menambahkan.

Aryono tidak menyangkal bahwa Singapura diuntungkan karena sudah bermain di babak perempatfinal. Secara adaptasi mereka sedikit lebih unggul.

“Memang Singapura diuntungkan karena mereka sudah bermain kemarin melawan Filipina tapi kami juga sedikit banyak sudah tahu kondisi lapangan seperti apa karena ada latihan satu kali di venue di hari Sabtu (6/5) lalu,” ungkap Aryono.

“Jadi nanti tinggal bagaimana para pemain bisa langsung fokus, bisa langsung siap dan panas sejak masuk lapangan. Kami mau lalui dulu Singapura baru nanti melihat lagi peluang untuk meraih medali emas,” katanya.sinpo

Komentar: