Sepakat Dukung Prabowo Presiden 2024, Pengamat: Gerindra-PKB Lebih Maju Ketimbang Koalisi Lain

Laporan: Bayu Primanda
Rabu, 10 Mei 2023 | 21:32 WIB
Prabowo Subianto (Sinpo.id/Tim Media)
Prabowo Subianto (Sinpo.id/Tim Media)

SinPo.id -  Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyatakan sepakat akan mendukung Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto menjadi Presiden di 2024 mendatang. Dukungan ini diberikan setelah PKB intens melakukan komunikasi dengan Partai Golkar dalam rangka membentuk Koalisi Besar.

Adapun koalisi ini rencananya akan menggabungkan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Menanggapi hal itu, Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro menilai bahwa koalisi besutan Gerindra-PKB lebih maju ketimbang koalisi lain.

"Koalisi Partai Gerindra dan PKB bisa dibilang sudah satu langkah lebih maju ketimbang koalisi lain. Gabungan kedua partai politik ini sudah memenuhi ambang batas presidential threshold 20 persen," ujar Bawono kepada SinPo.id, Rabu, 10 Mei 2023.

Dukungan sepenuh hati yang diberikan PKB menjadi energi positif bagi Prabowo menuju 2024,"Apalagi Partai Golkar dan PAN juga dikabarkan memiliki kecenderungan sangat kuat untuk turut bergabung dalam koalisi ini," kata dia.

Bawono tak memungkiri jika itikad PKB untuk bersama Prabowo bakal mendongkrak elektabilitas Menteri Pertahanan RI itu seiring waktu.

"Bahkan temuan survei nasional dari Indikator Politik Indonesia periode bulan April ini apabila dibandingkan dengan temuan survei nasional pada bulan Maret lalu menunjukkan tingkat elektabilitas dari Ganjar Pranowo mengalami kemerosotan cukup tajam. Kemudian elektabilitas Anies Baswedan memiliki kecenderungan stagnan. Sedangkan elektabilitas Prabowo Subianto terus mengalami tren peningkatan," kata Bawono.

Sebagai informasi, Ketua DPP PKB Faisol Riza menegaskan partainya bulat mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) untuk Pilpres 2024.

"Yang pertama bahwa PKB mengusung Prabowo sebagai capres. Itu harus dicatat," kata Faisol dalam konferensi pers usai menggelae pertemuan bersama Golkar di Resto Pulau Dua, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 10 Mei 2023.
sinpo

Komentar: