AS Tuduh Afrika Selatan Persenjatai Rusia untuk Perang di Ukraina

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 12 Mei 2023 | 10:33 WIB
Putin bersama petinggi Afrika Selatan (Sinpo.id/Getty Images)
Putin bersama petinggi Afrika Selatan (Sinpo.id/Getty Images)

SinPo.id -  Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Afrika Selatan, Reuben Brigety, menuduh negara itu menyediakan senjata dan amunisi ke Rusia untuk perang di Ukraina, melalui kapal kargo yany secara diam-diam berlabuh di pangkalan angkatan laut dekat kota Cape Town pada bulan Desember.

Menurut Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa, penyelidikan AS atas kunjungan kapal Rusia bernama Lady R ke pangkalan angkatan laut utama negaranya sudah berlangsung di belakang layar dengan bantuan dinas intelijen AS, sebelum Dubes Brigety mengumumkan bahwa muatan kapal tersebut merupakan senjata dan amunisi.

Pasalnya, AS yakin bahwa yang dimuat ke Lady R di pangkalan angkatan laut Kota Simon antara 6 Desember dan 8 Desember lalu merupakan peralatan militer yang diangkut ke Rusia. Sehingga AS mempertanyakan sikap netral Afrika Selatan terhadap perang di Ukraina dan seruannya agar konflik berakhir.

"Mempersenjatai Rusia sangat serius dan kami menganggap masalah ini belum selesai," kata Brigety dalam komentar yang dilaporkan oleh beberapa kantor berita Afrika Selatan, dilansir dari Fox News, Jumat 12 Mei 2023.

Karena seperti yang diketahui, pasokan amunisi saat ini telah menjadi masalah bagi Rusia dalam perang. Bahkan komandan dari kelompok Wagner, juga mengeluh tentang tentara bayaran mereka di Ukraina yang kekurangan senjata dan amunisi untuk perang.sinpo

Komentar: