DPR Dukung Semangat PSSI Berangus Kecurangan Sepak Bola Indonesia

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 13 Mei 2023 | 21:21 WIB
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudin. (SinPo.id/Parlementaria)
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudin. (SinPo.id/Parlementaria)

SinPo.id - Anggota Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian mendukung semangat PSSI dalam memberangus kecurangan sepak bola di Tanah Air. Pemberantasan mafia pengaturan skor di bawah komando Ketua PSSI Erick Thohir diharap bisa terlaksana bukan hanya sekadar wacana.

"Semangat bebas kecurangan di dunia sepakbola Indonesia patut kita dukung. Namun, jangan menjadi wacana saja," kata Hetifah kepada SinPo.id, Jakarta, Sabtu, 13 Mei 2023.

Menurut dia, langkah nyata dapat dimulai dari dibukanya hasil audit keuangan PSSI oleh Erick Thohir kepada publik. Erick diminta benar-benar menindak tegas apabila ditemukan data anomaly di laporan keuangan tersebut.

"Dari situ, baru publik yakin akan semangat Ketum PSSI dalam mendorong pertandingan fair di Liga," kata dia.

Di sisi lain, politikus Partai Golkar ini mendukung langkah Erick Thohir yang berkoordinasi dengan kepolisian terkait jadwal pelaksanaan Liga 1 Indonesia. Koordinasi lebih awal diyakini dapat meminimalisasikan hal-hal yang tidak diinginkan, seperti tragedi Kanjuruhan.

Khususnya, berbagai kisruh pertandingan sepak bola yang menyisakan luka mendalam di hati pecinta sepak bola Indonesia. Oleh karena itu, koordinasi intens di awal ini diyakini akan memberikan keamanan pada event tersebut.

"Strategi yang cukup baik, namun harus diiringi dengan integritas dan transparansi publik," kata dia.

Kendati begitu, Hetifah mengingatkan agar izin yang dikeluarkan kepolisian hanya sebatas formalitas. Izin harus betul-betul dipastikan memenuhi standar keamanan penyelenggaraan acara.

"Selain itu, proses dan hasil juga harus dikomunikasikan ke publik. Dengan begitu, proses terjamin professional dan membangun kepercayaan lebih luas," tegas dia.sinpo

Komentar: