Partai Gelora Daftarkan 481 Bacaleg DPR RI, 42 Persen Perempuan

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 14 Mei 2023 | 20:17 WIB
Konferensi pers Partai Gelora (Sinpo.id/Khaerul Anam)
Konferensi pers Partai Gelora (Sinpo.id/Khaerul Anam)

SinPo.id -  Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) resmi mendaftarkan sebanyak 481 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

Para bacaelg tingkat DPR RI itu akan bertarung memperebutkan 580 kursi yang tersedia di 84 daerah pemilihan (Dapil) pada pemilihan anggota legislatif (Pileg) 2024 mendatang.

"Hari ini partai gelora mendaftafkan total keseluruhan se-Indonesia ini 15. 287 calon anggota dewan. Untuk calon anggota DPR pusat kami malam ini mendaftarkan 481 orang calon dari 580 sheet. Ini secara presentase hampir 83 persen," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gelora Mahfuz Sidik di kantor KPU, Minggu, 14 Mei 2023.

Mahfuz mengungkapkan, sebagai partai baru pada Pemilu 2024, partainya sangat optimis karena mendapat dukungan yang cukup baik di masyarakat.

Sementara itu, partai Gelora mengaku mampu memenuhi batas kuota keterwakilan 30 persen perempuan, meski melalui proses yang tidak mudah.

"Untuk keterwakilan partai gelora sekarang ini itu sekitar 42 persen. Memang banyak tantangan untuk mengajak kaum perempuan maju berkontestasi sebagai anggota dewan, tapi alhamdulillah partai gelora sebagai partai baru bisa memenuhi syarat minimal 30 peren," ujarnya.

Untuk itu, Mahfuz berharap agar keterwakilan perempuan yang partainya ajukan tidak berkurang pada tahapan verifikasi secara faktual yang dilakukan KPU.

"Tentu saja dalam proses verifikasi jumlah ini tidak berkurang dan tentu saja ini juga didorong oleh regulasi yang mengafirmasi keterwakilan 30 persen perempuan," tandasnya.
sinpo

Komentar: