PEMILU 2024

Minggu Malam, DPP Golkar Daftarkan 580 Bacaleg DPR RI ke KPU

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 14 Mei 2023 | 22:50 WIB
partai Golkar serahkan berkas Bacaleg ke KPU RI /Sinpo.id
partai Golkar serahkan berkas Bacaleg ke KPU RI /Sinpo.id

SinPo.id -  Pengurus DPP Golkar menyerahkan berkas pendaftaran 580 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) tingkat DPR RI ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Minggu 14 Mei 2023 malam. Golkar telah memenuhi keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen dalam daftar calon anggota DPR yang diserahkan ke KPU.

"Hari ini kami menyerahkan berkas bakal calon anggota legeslatif sebanyak 580 untuk DPR RI dari 84 dapil. "Kita sudah menyerahkan nama (ketrrwakilan perempuan) sebanyak 33,96 persen, untuk DPR RI sebanyak 197 bakal caleg," kata Wakil Ketua Umum Prtai Golkar Ahmad Doli Kurnia saat konferensi pers, Minggu malam, 14 Mei 2023.

Selain keterwakilan perempuan, lanjut Doli, Partai Golkar juga memprioritaskan caleg dari kalangan anak muda atau milenial.

"Dan mereka juga mengikuti tahap yang serius, kami punya Golkar Institut dan sudah ada 12 angkatan selama 2 tahun ini, dan mereka banyak diljbatkan didalam proses pencalegan ini," tambahnya.

Seperti diketahui, hari ini 14 Mei 2023 merupakan batas terkhir partai politik menyerahkan daftar bacaleg-nya ke KPU. Di hari terakhir, lembaga pemilihan tersebut memberikan waktu hingga Pukul 23.59 waktu setempat.

Sebelumnya, KPU telah membuka pendaftaran calon anggota DPR, DPRD dan DPD telah resmi dibuka pada 1-14 Mei 2023. Pendaftaran dibuka selama dua pekan penuh.

Berdasarkan pemantauan sejumlah pengurus inti Partai Golkar turut hadir mengantarkan berkas bacaleg, seperti Sekretaris Jendral (Sekjen) Partai Golkar Lodewijk F. Paulus, Koordinator Bidang Pemenangan Pemilu Ahmad Doli Kurnia serta Wakil Ketua Umum DPP Partai Nurul Arifin.sinpo

Komentar: