FILM ONDE MANDE!

"Onde Mande!", Film Drama Komedi yang Angkat Kebudayaan Masyarakat Minangkabau

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 15 Mei 2023 | 19:37 WIB
Peluncuran teaser film "Onde Mande!" (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)
Peluncuran teaser film "Onde Mande!" (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Film bergenre drama keluarga dan komedi "Onde Mande!" persembahan dari Visinema yang bekerjasama dengan Gandeng Ceneng Film dan Visionari Capital, mengangkat kebudayaan lokal masyarakat Minangkabau.

Film yang disutradarai oleh sineas berdarah Minang, Paul Fauzan Agusta, dan diproduseri oleh Suryo Wiyogo ini menggambarkan kehidupan masyarakat Minang di desa sekitar danau Maninjau. Film ini akan mengangkat karakteristik orang Minang, yang memiliki nilai kebersamaan dan gotong royong yang kuat.

"Menurutku yang bikin beda adalah penggunaan mayoritas bahasa Minang dengan subtitle bahasa Indonesia di filmnya. Tapi nggak semua kok, sekitar 70 persen," kata Paul, dalam peluncuran teaser 'Onde Mande!' di Jakarta, Senin 15 Mei 2023.

Selain itu, ia juga mengatakan mayoritas pemeran tokoh film tersebut asli Minang atau yang memiliki darah Minang. Bahkan kru film yang turut bekerja dalam tahap produksi juga sebagian besar merupakan anak Minang.

"Keminangannya jadi keistimewaan dan sangat kental. Kami berusaha membuat film ini se-minang mungkin, tapi juga bisa dinikmati oleh penonton di seluruh Indonesia," ungkapnya.

Film 'Onde Mande!' sendiri menceritakan tentang seorang pensiunan guru, Angku Wan, yang hidup sebatang kara di desa nelayan yang asri di tepi Danau Maninjau, Sumatera Barat. Kemudian ia memenangkan hadiah undian dari perusahaan sabun yang bernilai miliaran rupiah.

Rencananya, hadiah undian tersebut akan digunakan untuk tujuan yang mulia, yakni membangun desa demi kesejahteraan bersama. Namun sebelum mengklaim hadiahnya, Angku Wan meninggal.

Film yang akan tayang di bioskop pada 22 Juno 2023 itu, dibintangi oleh Shenina Cinnamon, Jajang C Noer, Jose Rizal Manua, Ajil Ditto, Shahabi Sakri, dan Musra Dahrizal.

 sinpo

Komentar: