Kabaharkam Harap Polisi RW Permudah Kerja Kepolisian

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 16 Mei 2023 | 12:15 WIB
Launching Polisi RW oleh Polda Jabar (Sinpo.id/Div Humas Polri)
Launching Polisi RW oleh Polda Jabar (Sinpo.id/Div Humas Polri)

SinPo.id -  Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran menghadiri launching program Polisi RW di Polda Jawa Barat (Jabar) pada Kamis, 15 Mei 2023.

Fadil menyampaikan bahwa ia berharap program Polisi RW ini dapat mempermudah pekerjaan dari kepolisian. Hal itu, lantaran Polisi RW bersentuhan langsung dengan masyarakat di lingkungan.

"Selalu jalin kerjasama yang baik dan libatkan seluruh organisasi di masyarakat seperti karang taruna serta pemecahan masalah dengan baik dan bersama-sama, sehingga kita dapat mencegah munculnya gangguan kamtibmas serta aktifkan kembali siskamlingnya supaya berjalan dengan baik kerjasamanya," ujar Fadil yang dikutip dari keterangannya pada Selasa, 15 Mei 2023.

Menurut Fadil, inovasi tanpa henti terus dilakukan oleh Polri untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik khususnya di wilayah hukum Polda Jawa Barat (Jabar).

Dimana, kata dia, Polri  dituntut untuk menciptakan suasana kondusif di tengah kehidupan masyarakat (cooling system),  melaksanakan pemolisian dalam bentuk Polisi RW. 

"Konsep Polisi RW itu memungkinkan terjadinya interaksi untuk memecahkan masalah secara bersama dan saling mengembankan sikap yang positif, memberikan kesempatan untuk saling memahami akan layanan yang dibutuhkan, dan menyadarkan komunitas pada posisinya yang sedang dilayani oleh polisi, membuka peluang untuk bekerjasama dengan komunitas," tuturnya.

Lebih jauh, Fadil menyebut bahwa lahirnya Polisi RW  ini merupakan bagian dari arahan Kapolri yang menterjemahkan perintah Presiden RI agar Polisi lebih dekat dengan masyarakat. Sehingga, kata dia, sosok Polisi sebagai pelindung, pangayom Juga pelayan masyarakat bisa terwujud.

“Bagaimana caranya? Tentu polisi harus hadir ditengah-tengah masyarakat yang berbasis komunitias yang paling mikro adalah RW, dimana tugas polisi RW adalah untuk membuat aman, damai dan sejuk di wilayah RW tersebuttersebut," kata Fadil.

Perlu diketahui ada 52 ribu RW dijawa barat ini dengan Polisi berkisar 30.125 orang,  semoga situasi dapat kondusif dengan kerjasama, baik TNI Polri Pemerintah Daerah hingga masyarakat, demi menciptakan situasi yang aman dan kondusif. 

Intinya bukan dalam hal penegakan hukum, namun keberhasilan Polri juga terlihat, dimana ia mampu mengatasi atau mencegah kejahatan serta mampu mengatasi permasalahan Kamtibmas yang terjadi dilingkungan masyarakat.sinpo

Komentar: