kasus serangan siber bsi

DPR Minta Dunia Perbankan Petik Pelajaran dari Kasus Serangan Siber BSI

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 16 Mei 2023 | 16:55 WIB
PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI (SinPo.id/Dok. BSI)
PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI (SinPo.id/Dok. BSI)

SinPo.id - Anggota Komisi XI DPR RI, Mukhamad Misbakhun, mengatakan kasus serangan siber yang menimpa PT. Bank Syariah Indonesia (BSI), harus menjadipelajaran bagi dunia perbankan tanah air untuk mulai memberikan perhatian lebih kepada pengamanan sistem yang digunakan. 

“Ini menjadi cobaan sekaligus tantangan juga proses pembelajaran bagi dunia perbankan di Indonesia. (Yaitu) bagaimana membangun sistem IT (information technology), membangun digitalisasi dan di sana ada aspek yang selama ini sangat penting yaitu security," kata Misbakhun, Selasa 16 Mei 2023. 

"Inilah yang menurut saya menjadi tantangan ke depan dan harus menjadi pembelajaran pembelajaran yang sangat mahal,” imbuhnya 

Menurutnya, aspek pengamanan dan keamanan data menjadi hal yang sangat penting. Karena meski mampu memiliki basis data dan sistem IT yang canggih, namun tidak bisa mengamankan sistem yang digunakan, maka akan tetap memberi celah pada timbulnya masalah baru. 

Terlebih, kata Misbakhun, terdapat permintaan tebusan untuk membuka file-file yang dicuri dan terkunci. Sehingga ke depannya, pihak perbankan harus mencari cara untuk mengamankan data penting perbankan agar hal serupa tidak terjadi lagi. 

“Saya dengar juga berkaitan dengan urusan peras-memeras. Bagaimana para hacker itu berusaha memeras dengan jumlah uang yang sangat besar dan itu tidak ada di dalam protokol penanganan krisis," katanya menambahkan.sinpo

Komentar: