Usai Musra Makin Mesra, Pengamat : Sinyal Jokowi Dukung Prabowo

Laporan: Bayu Primanda
Rabu, 17 Mei 2023 | 12:15 WIB
Prabowo dan Jokowi kompak nyemplung menanam bakau (Sinpo.id/Biro Setpres)
Prabowo dan Jokowi kompak nyemplung menanam bakau (Sinpo.id/Biro Setpres)

SinPo.id -  Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro menilai bahwa dukungan Presiden Joko Widodo terhadap Prabowo Subianto kian terlihat usai Musyawarah Rakyat (Musra) pada Minggu, 14 Mei 2023 lalu.

Terlebih keduanya tampil bersama pada acara kegiatan Puncak Penanaman Mangrove Nasional di Taman Wisata Alam (TWA) Angke, Jakarta, Senin 15 Mei 2023 kemarin.

"Apakah kebersamaan ini bisa dilihat sebagai kode keras dari Presiden mengenai siapa paling diharapkan dapat menjadi presiden selama lima tahun mendatang? Bisa saja hal itu demikian ditafsirkan," kata Bawono kepada Sinpo.id, Rabu, 17 Mei 2023.

Prabowo dinilai sebagai sosok yang layak mendapat dukungan dari Jokowi, jika dilihat dari kedekatan kedua tokoh nasional tersebut. Pasalnya, keduanya kerap tampil ke publik dalam sejumlah momen nasional maupun tingkat kenegaraan.

"Pilihan untuk memberikan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai presiden mendatang paling pantas meneruskan program pembangunan Presiden Joko Widodo merupakan pilihan politik sangat masuk akal bagi Presiden dan juga partai-partai koalisi," kata Bawono.

Memang tak dapat dipungkiri jika Presiden Jokowi merupakan kader PDI Perjuangan, dimana partainya sudah mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai capres 2024. Tapi kedekatan Prabowo dan Jokowi yang sudah terjalin lama, menguatkan sinyal dukungan Jokowi terhadap mantan Danjen Kopassus itu untuk Presiden RI selanjutnya.

"Karena itu bukan tidak mungkin preferensi politik Presiden Joko Widodo dalam hal bakal calon presiden mendatang tidak sama dengan pilihan politik dari PDI Perjuangan," jelas Bawono.

Sebelumnya, pada Senin, 15 Mei 2023 kemarin Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kompak 'nyemplung' ke air untuk menanam pohon bakau di Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Jakarta Utara.

Jokowi dan Prabowo menghadiri acara puncak penanaman mangrove secara serentak di Indonesia tahun 2023.

Sebelumnya jajaran TNI sudah melakukan penanaman mangrove secara nasional di 370 titik penanaman dengan 1.100.169 jumlah bibit.

Jokowi dan Prabowo datang bersamaan ke lokasi acara. Teriakan dan tepuk tangan prajurit TNI dan anggota Polri menyambut kehadiran dua tokoh itu.

Jokowi melempar salam ke prajurit TNI-Polri yang sudah berendam sejak siang. Lalu, ia ikit berendam untuk menanam pohon bakau.

Tak lama kemudian, Prabowo juga ikut turun ke air. Prajurit bersorak semakin ramai saat Prabowo mulai turun ke air. Mereka pun mulai menanam pohon bakau.


sinpo

Komentar: