Pesisir Jakarta Waspada Banjir Rob, Ini Titiknya

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 17 Mei 2023 | 12:20 WIB
Ilustrasi banjir rob (Sinpo.id/Pixabay
Ilustrasi banjir rob (Sinpo.id/Pixabay

SinPo.id -  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta meminta masyatakat yang tinggal di wilayah pesisir Jakarta Utara untuk waspada potensi terjadinya banjir rob. 

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan banjir rob terjadi akibat adanya fenomena bulan baru yang diprediksi terjadi pada 19-24 Mei 2023.

"Berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan potensi banjir pesisir (ROB)," kata Isnawa Adjie dalam keterangannya, Rabu 17 Mei 2023.

Isnawa memaparkan, adapun sejumlah titik di pesisir DKI Jakarta yang harus waspada adalah di Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing, dan Kalibaru.

Menurutnya akibat adanya aktivitas pasang air laut bersamaan dengan fase bulan baru dapat mempengaruhi dinamika pesisir pantai yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir atau rob pada sekitar pukul 20.00-00.00.

"Diimbau untuk waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir," ujarnya. 

Oleh karena itu, Isnawa meminta agar warga yang berda di lokasi tersebut untuk senantiasa memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut pada laman: bpbd.jakarta.go.id/gelombang laut. 

"Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112," tandasnya.
sinpo

Komentar: