KEANEKARAGAMAN PANGAN

Mentan Dorong Pemberdayaan Wanita Melalui Program Keanekaragaman Pangan

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 17 Mei 2023 | 16:15 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SinPo.id/Galuh)
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SinPo.id/Galuh)

SinPo.id - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL), mendorong pemberdayaan wanita melalui program penganekaragaman konsumsi pangan dengan penanaman pangan di pekarangan rumah sebagai basis ketahanan pangan keluarga.

Dalam rangka mendukung dan menyukseskan semua program pemerintah yang berkaitan dengan kedaulatan pangan, serta peningkatan produktivitas, ia juga mengajak semua kader Wanita Tani Indonesia HKTI.

"Saya mendorong pemberdayaan wanita melalui program penganekaragaman konsumsi pangan dari unit terkecil yaitu keluarga dengan memanfaatkan pekarangan di sekitar rumah melalui kegiatan P2L atau Pekarangan Pangan Lestari dan Pertanian Keluarga," kata Mentan SYL, di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu 17 Mei 2023.

Ia juga mengatakan banyak program unggul yang dimiliki Kementerian Pertanian (Kementan) yang bisa diakses semua orang termasuk kader wanita tani HKTI. Salah satunya adalah program Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk permodalan tani.

Selain itu, Mentan SYL mengingatkan kepada seluruh petani Indonesia bahwa ada banyak tantangan yang harus dihadapi setelah berakhirnya pandemi Covid-19, yakni persoalan climate change atau krisis iklim yang dapat mempengaruhi kondisi pertanian dan ketahanan pangan.

"Kita rasakan satu minggu terakhir panas bumi luar biasa. Panasnya kurang lebih 50 derajat. Di beberapa negara asia panasanya di atas 40 derajat, di Indonesia sekitar 37 derajat, artinya masih lebih baik dibanding negara lain. Tapi ini harus jadi tantangan kita," ungkapnya.

Oleh karena itu, ia berharap pelaksanaan rapat kerja dengan wanita tani HKTI dapat menghasilkan program-program yang bermanfaat dalam mendukung pembangunan pertanian di Indonesia, sehingga berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan para petani.sinpo

Komentar: