KINERJA ANGGARAN TERBAIK

Polri Raih Penghargaan Kinerja Anggaran Terbaik dari Menkeu

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Rabu, 17 Mei 2023 | 17:36 WIB
Rakornas Kemenkeu (SinPo.id/ Humas Polri)
Rakornas Kemenkeu (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id - Polri meraih peringkat ketiga atas apresiasi dan penghargaan kinerja anggaran Kementerian/Lembaga (K/L) terbaik pada tahun 2022. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam puncak Rapat Koordinasi Nasional Pelaksanaan Anggaran (Rakornas) 2023, dengan tema “Belanja Berkualitas untuk Transformasi Ekonomi Indonesia“.

Pemberian penghargaan ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meningkatkan kualitas belanja melalui pengendalian belanja yang lebih efisien, produktif, dan fokus pada kegiatan yang mendukung prioritas nasional. Penilaian kinerja anggaran K/L tahun 2022 menjadi dasar dalam pemberian penghargaan ini.

“Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dan kolaborasi semua pihak. Meskipun situasi ekonomi global yang tidak mudah, pihak-pihak terkait berhasil mencapai prestasi tersebut. Saya bersyukur atas pencapaian tersebut”, ujar Sri Mulyani di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Rabu, 17 Mei 2023.

Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy yang menerima piagam perhargaan mengungkapkan, hal tersebut merupakan suatu apresiasi dari Kementerian Keuangan terhadap kinerja Polri. Penghargaan itu merupakan buah dari kinerja seluruh jajaran, mulai dari Mabes Polri sampai dengan jajaran Polda, Polres sampai dengan Polsek.

"Penghargaan ini menjadi bukti bahwa Polri telah melakukan pengelolaan anggaran dengan baik dan efisien. Prestasi ini akan menjadi motivasi bagi pihak-pihak terkait untuk terus meningkatkan kinerja dan pengelolaan anggaran demi mendukung pembangunan ekonomi Indonesia yang lebih baik di masa depan," kata Gatot.

Turut hadir dalam penerimaan penghargaan tersebut antara lain Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Ketua Mahkamah Agung M. Syarifuddin, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa, serta beberapa pejabat lainnya dari Kementerian dan Lembaga terkait.

Urutan Kinerja Anggaran K/L Terbaik 2022:
1. Kementerian Keuangan
2. Kemenkumham
3. Kepolisian RI
4. Kejaksaan Agung
5. Mahkamah Agung.sinpo

Komentar: