Inggris Akan Umumkan Larangan Impor Berlian Rusia

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 19 Mei 2023 | 08:12 WIB
Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak
Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak

SinPo.id -  Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, akan mengumumkan larangan masuknya berlian Rusia ke Inggris. Ini sesuai dengan keputusan dari seluruh perdana menteri dan pemimpin G7 lainnya untuk meningkatkan sanksi terhadap Presiden Rusia, Vladimir Putin.

"Sanksi yang dikenakan pada Rusia oleh Inggris dan mitra G7 memiliki dampak yang jelas dan progresif dalam menurunkan upaya perang Putin. G7 tetap bersatu dalam menghadapi ancaman dari Rusia dan teguh dalam mendukung Ukraina," kata Rishi Sunak, dilansir dari Sky News, Jumat 19 Mei 2023.

Pasalnya, larangan berlian merupakan bagian dari paket sanksi yang telah dibahas dalam KTT G7 tahunan di Tokyo untuk menggandakan dukungan bagi Ukraina. Sanksi juga mencakup impor tembaga, aluminium, dan nikel asal Rusia, serta pembekuan pasar ekspor berlian senilai USD 4 miliar.

Juru bicara Perdana Menteri Inggris mengatakan, pemerintah Inggris berharap semua mitra G7 dapat mengumumkan sanksi pada akhir pekan ini untuk menunjukkan kekuatan melawan Moskow.

Meski demikian, para pemimpin G7 memiliki masalah yang lebih rumit terhadap China yang bersukutu dengan Rusia, lantaran China merupakan salah satu pusat perekonomian dunia yang terlibat perdagangan dengan Eropa.

Oleh karena itu, Presiden Komisi Eropa, Ursula von de Leyen, akan menghasilkan formulasi yang diharapkan dapat disetujui oleh sekutu, yakni G7 akan fokus untuk mengurangi risiko, dengan kata lain terus terlibat dengan China di berbagai bidang seperti perdagangan dan perubahan iklim, namun tetap berkomitmen melindungi risiko keamanan nasional.

Selain itu, G7 juga berharap dapat melakukan pendekatan terhadap sejumlah negara selatan, seperti Brasil, India, dan Indonesia yang lebih selaras dengan Rusia dan China ke arah sudut pandang sekutu.
sinpo

Komentar: