KONDISI EKONOMI INDONESIA

Hadapi Tantangan Global, Menkeu Klaim Kondisi Indonesia Baik

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 19 Mei 2023 | 16:34 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Rapat Paripurna DPR (SinPo.id/Galuh Ratnatika)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Rapat Paripurna DPR (SinPo.id/Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, mengatakan Indonesia dalam situasi yang relatif lebih baik di tengah berbagai tantangan global, yang berasal dari pandemi, masalah geopolitik, dan krisis iklim (climate change).

"Disrupsi dari digital ekonomi juga telah menimbulkan tantangan yang tidak mudah, dan tentu mempengaruhi kinerja perekonomian suatu negara," kata Menkeu di Kompleks Parlemen Senayan, Jumat 19 Mei 2023.

Menurutnya, Indonesia juga terus mewaspadai berbagai tantangan eksternal dan memiliki berbagai tugas untuk memperbaiki pondasi perekonomian Indonesia secara struktural.

"Seperti yang telah disampaikan bapak Presiden berkali-kali, yaitu infrastruktur yang masih tertinggal, Indonesia yang harus terus meningkatkan kebijakan regulasi dan birokrasi yang makin efisien," ungkapnya.

Oleh karena itu, kata Menkeu, berbagai fokus untuk terus menjaga dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai strategi dan berbagai target ekonomi, serta pembangunan nasional akan terus diupayakan pemerintah.

Karena meskipun pertumbuhan ekonomi nasional di Kuartal I cukup baik, bahkan inflasi menurun dan neraca pembayaran dari sisi impor masih mengalami surplus, Indonesia harus tetap waspada terhadap tren pelemahan global yang terus terjadi.

"Inflasi global yang tinggi dan suku bunga tinggi juga perlu kita waspadai dampaknya terhadap likuiditas yang ketat serta cost of money yang sangat tinggi. Inilah yang akan menjadi berbagai tantangan yang harus kita kelola," kata Menkeu menambahkan.sinpo

Komentar: