Seni rupa

ArtOs Nusantara Teguhkan Episentrum Baru Seni Rupa

Laporan: Sinpo
Minggu, 21 Mei 2023 | 08:00 WIB
Pembukaan Pameran lukisan ArtOs Nusantara, di Banyuwangi Jatim. (SinPo.id/Ist)
Pembukaan Pameran lukisan ArtOs Nusantara, di Banyuwangi Jatim. (SinPo.id/Ist)

SinPo.id -  Pameran lukisan ArtOs Nusantara berlangsung 20 sampai 28 Mei di gedung tua Marina Boom, Banyuwangi, Jawa Timur meneguhkan daerah setempat sebagai episentrum  baru seni rupa nusantara. Pameran itu menampilkan 50 karya lukis perupa nasional dan local.

“Sebanyak 50 karya terbaik para seniman nusantara  dipamerkan. Puluhan karya tersebut milik para seniman, baik open call maupun secara undangan,” ujar Presiden ArtOs Nusantara, Imam Maskun.

Imam mengatakan, karya yang ditampilkan antara lain karya milik Djoko Pekik, Nasirun, Bli Putu Suta Wijaya, Katirin, Budi Ubruk, Ugo Untoro, Edi Sunaryo, Erica Estu, dan Nyoman Irawan yang karyanya spesifik bebatuan dan tembok.

I Ketut Putrayasa dengan seni instalasinya juga sudah hadir. Beberapa seniman dari Makassar Arts Initiative Movement (MAIM) juga ikut hadir. “Mereka membuat karya yang akan di-display bersama 12 karya lainnya. Dari Bandung ada Hanafi dan Willy Himawan,” ujar Imam menambahkan.

Pameran lukisan ArtOs Nusantara juga mengunndang Heri Catur dari Malang dan Gatot Pujiarto dari Batu. Sedangkan dari Banyuwangi yang diundang S Yadi K dan Faizin. Sedangkan kurator lokal dalam acara itu oleh Samsudin Adlawi  dan karya nasional dikurasi oleh I Wayan Sariyoga.

Menparekraf Sandiaga Uno mengapresiasi pameran ArtOs Nusantara yang menyebut selama inimerasakan dampak event- event yang diinspiraai Banyuwangi sehingga menjadi teobosan dan inovasi baru di bidang seni, budaya dan pariwisata.

"Saya kaget gaung ArtOs dengan billboard -nya tampil sampai ibu kota. Gelaran yang unik harus diapresiasi," ujar Sandiaga.sinpo

Komentar: