problem sosial

Ini Sejumlah Keluhan Para Santri Saat Bertemu Mensos

Laporan: Sinpo
Minggu, 21 Mei 2023 | 08:19 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini, (SinPo.id/Terong Gosong).
Menteri Sosial Tri Rismaharini, (SinPo.id/Terong Gosong).

SinPo.id -  Para santri dari berbagai pondok pesantren di Indonesia yang membentuk wadah Terong Gosong mengeluhkan sejumlah persoalan sosial kepada Menteri Sosial Tri Rismaharini. Keluhan itu disampaikan dalam Kopdar Nasional 14 tahun Terong Gosong di Ponpes Salafiyah Al - Misbar Mojokerto 20 mei 2023.

Para santri mengeluhkan harga Sembako yang terus melambung, pelatihan dan pemberdayaan ekonomi pesantren, hingga hingga penyediaan air bersih.

"Saya melihat bahwa masih banyak keluarga di NU yang perlu dibantu. Karenanya saya datang ke sini untuk mendengar secara langsung apa yang mereka butuhkan," ujar Risma dalam penryataan resmi .

Risma mengaku senang karena bisa mengetahui aspirasi para santri yang selama ini hidup di pesantren. Keluhan itu harus dikoordinasikan dengan pemda atau instansi terkait agar persoalan di pesantren bisa diatasi dengan baik.

"Saya bisa mendapatkan aspirasi dari para santri. Apa saja yang menjadi persoalannya. Tentu saja saya akan membantu sesuai tupoksi saya sebagai Mensos," ujar Risma menjelaskan.

Mantan Walikota Surabaya ini sempat terdiam saat mendengarkan keluhan salah satu santri yang menyampaikan mereka hanya butuh air bersih agar bisa diminum secara langsung saat lapar. Karena dengan air saja mereka sudah merasa kenyang.

"Saya sangat sedih saat mendengar itu. Mereka lapar tapi hanya minum air. Sedih sekali mendengarnya dan juga kaget. Karena lapar kan seharusnya makan,” ujar ujar Risma sedih.

Ia mengatakan segera berdiskusi semua pihak, termasuk menteri agama dan mencari solusinya agar Ponpes bisa terpenuhi kebutuhan pangan.

Ketua Umum PB NU Yahya C. Staquf mengaku senang bisa hadir bersama Mensos Risma. Menurutnya masih banyak warga NU yang perlu dibantu. Sedangkan momentum satu panggung dengan Mensos Risma diharapkan akan bisa bermanfaat dalam membantu pemberdayaan warga NU.

"Masih banyak warga NU yang perlu dibantu. Semoga dari pertemuan ini bisa membawa manfaat ke depan bagi masyarakat Indonesia," ujar Yahya.

Dalam kesempatan tersebut Mensos dan Komunitas santri menjalin MOU Pemberdayaan Masyarakat antara Kemensos dengan Komunitas Terong Gosong.sinpo

Komentar: