PEMILU 2024

Selenggarakan Pemilu, KPU RI Pastikan Bersikap Adil dan Profesional

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 22 Mei 2023 | 02:51 WIB
Logo KPU RI (KPU.go.id)
Logo KPU RI (KPU.go.id)

SinPo.id -  Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan KPU sebagai penyelenggara pemilu bersikap adil, berintegritas dan profesional. Pernyataan itu disampaikan saat menerima audiensi Lintas Tokoh Agama, di Gedung KPU, Jumat 19 Mei 2023. 

"Bagaimana menjaga kedekatan dengan semua peserta pemilu, dengan semua calon, kontestan supaya kemudian integritas, imperialitas lembaga maupun personel KPU dapat dipercaya," kata Hasyim seperti dilansir laman KPU.go.id pada Minggu 21 Mei 2023. 

Salah satu tujuan pemilu adalah membentuk pemerintahan, baik di tingkat pusat maupun di tingkat daerah. Meski demikian penyelengaraan pemilu pada prosesnya tidak terlepas dari persaingan bahkan berujung pada konflik.

Meski legal namun konflik harus dihindari apabila mengarah pada benturan fisik. Dan peran tokoh agama pada situasi ini penting untuk memberikan pemahaman kepada umat bahwa tujuan pemilu adalah membentuk pemerintahan, dari proses yang damai dan menyejukkan.

"Peran tokoh agama tidak sekadar menjadi pemadam kebakaran, tapi juga mendesain, menyiapkan, mengantisipasi (istilahnya kalau dalam pemilu dan pemilihan kepala daerah ada manajemen risiko) sehingga kita menyiapkan sejak awal potensi-potensi problemnya apa sehingga kita bisa mitigasi sejak awal," ujar 

Hasyim pun menyampaikan KPU coba mendefinisikan pemilu sebagai sarana integrasi bangsa. Yakni sebagai ruang menyatukan masyarakat yang berbeda pilihan dan pandangan politik. 

 sinpo

Komentar: