Kementan Targetkan Ekspor Produk Pertanian Indonesia Capai Rp 1.000 T pada 2023

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 23 Mei 2023 | 03:07 WIB
Ilustrasi ekspor (Pixabay)
Ilustrasi ekspor (Pixabay)

SinPo.id -  Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mentargetkan nilai ekspor produk pertanian pada 2023 mencapai Rp 1.000 Triliun. Pada Senin ini, Kementerian Pertanian melepas ekspor produk pertanian meliputi  sarang burung walet, bulu bebek, produk hewani dan juga tanaman pakis yang dilepas ke negara Jepang dan China ke 23 negara.

"Kita berharap ekspor pertanian bisa di atas Rp 1000 triliun, tetapi ini kan berproses dan tentu semua harus menjaga kualitas dan sinergitas. Dan ini juga menjadi harapan Bapak Presiden kepada Kementerian Pertanian agar semua komoditi komoditi strategis yang ada untuk dipersiapkan ekspor," kata dia dalam keterangannya pada Senin 22 Mei 2023

Dia menjelaskan, kekuatan Indonesia ada pada produksi sarang burung walet, pakis dll. Untuk itu, kata dia, energi ini harus dijaga bersama. 

"Kemudian kita jaga kepercayaan dunia internasional agar produk kita tetap jadi unggulan. Saya selalu katakan kita boleh cepat tetapi juga harus berkualitas," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Karantina Pertanian Kementan, Bambang mengatakan bahwa selama ini jajarannya terus bekerja dalam waktu 24 jam baik melalui layanan langsung maupun online. Bambang mengatakan, kolaborasi karantina, pengusaha maupun eksportir sejauh ini cukup baik dalam meningkatkan ekspor.

"Kami laporkan Bapak Menteri, kami selama 24 jam terus mengawal teman temen pengusaha untuk dapat melepas ekspornya. Alhamdulliah terus meningkat dari waktu ke waktu. Karena itu saya minta kita semua kompak, saling bergandengan memajukan ekspor produk pertanian Indonesia," tambahnya.

 sinpo

Komentar: