Kumpulkan Bukti Korupsi Penyaluran Beras Bansos PKH, KPK Geledah Kantor Kemensos

Laporan: Martahan Sohuturon
Selasa, 23 Mei 2023 | 20:17 WIB
Gedung KPK Jakarta/SinPo.id
Gedung KPK Jakarta/SinPo.id

SinPo.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah Kantor Kementerian Sosial (Kemensos) pada Selasa, 23 Mei 2023. Kegiatan tersebut dikonfirmasi oleh Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri.

Menurutnya, penggeledahan itu dilakukan untuk mengumpulkan serta melengkapi alat bukti penyidikan dugaan korupsi penyaluran bantuan sosial beras untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2020 sampai dengan 2021 di Kemensos.

"Jadi benar, berdasarkan informasi yang kami peroleh, hari ini ada kegiatan penggeledahan yang dilakukan oleh penyidik KPK di Kemensos dalam rangka untuk mengumpulkan dan melengkapi alat bukti yang kami miliki terkait dugaan TPK penyaluran bansos berupa beras untuk PKH 2020-2021 di Kemensos," kata Ali pada Selasa, 23 Mei 2023.

Ali menyatakan, pihaknya bakal menyampaikan perkembangan dari penggeledahan yang dilakukan setelah seluruh prosesnya selesai dilakukan oleh tim penyidik KPK.

"Yang pasti bahwa KPK saat ini masih terus melakukan proses penyidikan perkara dimaksud, dan pada saatnya nanti kami akan sampaikan pihak yang telah ditetapkan sebagai tersangka, konstruksi perkara ini secara utuh dan lengkap termasuk pasal-pasal yang diterapkan," ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, salah satu ruangan yang digeledah ialah ruang kerja Sekretariat Ditjen Pemberdayaan Sosial Kemensos. KPK belum berkomentar soal penggeledahan itu.

Kasus ini diduga terkait penyidikan dugaan korupsi penyaluran bantuan sosial beras untuk KPM PKH Tahun 2020 sampai dengan 2021 di Kemensos RI.

KPK sudah menetapkan tersangka dalam kasus ini. Salah satu tersangkanya disebut-sebut ialah Kuncoro Wibowo yang sempat menjabat sebagai direktur utama BUMN dalam bidang logistik, Bhanda Ghara Reksa (BGR) Logistic selama 3,5 tahun sampai Desember 2021 lalu.

Saat menjabat sebagai Dirut BGR Logistics, ia bertanggung jawab terhadap distribusi bantuan sosial sembako milik Kementerian Sosial sebanyak 1,65 juta paket.

BGR Logistics juga berperan penting dalam penyaluran bantuan kepada masyarakat terdampak Covid-19. Diduga, kasus yang menjerat Kuncoro terkait jabatannya sebagai Dirut BGR Logistics. Sebab, kasus dugaan korupsi ini terjadi dalam kurun waktu 2020 sampai dengan 2021 di Kemensos.

Terkait status tersangka tersebut, Kuncoro belum memberikan pernyataan ke publik. Ia sempat menjabat Dirut Transjakarta sekitar dua bulan sebelum akhirnya mundur.sinpo

Komentar: