IBADAH HAJI 2023

Hari Rabu Ini, 6.383 Jemaah Haji asal Indonesia Tiba di Madinah

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 24 Mei 2023 | 05:04 WIB
Haji (Pixabay)
Haji (Pixabay)

SinPo.id -  Kepala Daker Bandara, Haryanto mengatakan ada 6.383 jemaah yang akan tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah pada Rabu, 24 Mei 2023. Mereka tersebar dalam 16 kelompok terbang (kloter).

"Fase kedatangan gelombang pertama di Madinah segera dimulai. Kita akan siapkan petugas di seluruh tempat di bandara Madinah untuk menyambut kedatangan jemaah haji Indonesia," ungkap Haryanto dikutip dari laman resmi Kemenag, Selasa 23 Mei 2023. 

Jajarannya akan menempatkan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) petugas pada setiap terminal kedatangan jemaah.Di bandara AMAA Madinah ada empat terminal kedatangan jemaah haji Indonesia. Yaitu, terminal Fast Track, terminal Zero, terminal Haji, dan terminal Internasional.

"Jemaah haji kloter pertama berjumlah 393 jamaah. Mereka diberangkatkan dengan Garuda Indonesia dari embarkasi Jakarta - Pondok Gede dan akan mendarat di bandara AMAA melalui terminal Fast Track," tuturnya.

Terminal Fastrack tahun ini menjadi layanan yang khusus diberikan kepada jemaah haji Indonesia yang terbang dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Proses imigrasi sudah dilakukan sejak dari Tanah Air sehingga saat mendarat di Bandara AMAA Madinah, jemaah langsung diarahkan menuju bus untuk di antar ke hotel.

"Setelah turun dari pesawat, jamaah yang melalui terminal Fast Track dan terminal Zero tidak diarahkan menuju ruang tunggu Plaza atau paviliun. Hanya saja, di terminal Zero jemaah tetap melalui pemeriksaan imigrasi dan bea cukai terlebih dulu," ujarnya.

Dia memastikan jajarannya siap menyambut kedatangan jemaah haji Indonesia mulai 24 Mei dan seterusnya.sinpo

Komentar: