Litbang Kompas: Ganjar Lebih Moncer Jadi Cawapres Prabowo Ketimbang Jadi Capres

Laporan: Bayu Primanda
Rabu, 24 Mei 2023 | 10:57 WIB
Ilustrasi hasil survei Litbang Kompas (Sinpo.id/Wawan)
Ilustrasi hasil survei Litbang Kompas (Sinpo.id/Wawan)

SinPo.id -  Litbang Kompas merilis hasil survei mereka terkait opsi figur cawapres di Pemilu 2024 pada Rabu, 23 Mei 2023. Adapun nama-nama capres yang beredar saat ini dipasang-pasangkan dengan calon lain yang berlaga di Pilpres mendatang.

Nama-nama capres yang disimulasikan mengerucut pada 3 sosok yakni, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Dari nama-nama tersebut, Prabowo menjadi capres dengan tingkat elektabilitas tertinggi dengan torehan 24,5 persen. Prabowo unggul di atas Ganjar yang memperoleh 22,8 persen, sementara Anies Baswedan ada di urutan ketiga dengan 13,6 persen.

Menariknya, ketiga nama itu disimulasikan sebagai satu pasangan calon (paslon). Dari hasil itu, nama Ganjar Pranowo keluar sebagai cawapres terfavorit untuk Prabowo Subianto dengan capaian tertinggi 14,5 persen.

Hasil ini mengungguli nama-nama cawapres lain yang beredar di publik mulai dari Khofifah Indar Parawansa, AHY, hingga Sandiaga Uno.

Sebaliknya, elektabilitas Prabowo jika dijadikan cawapres tak semoncer Ganjar, lantaran kapasitas kepemimpinannya justru lebih unggul saat disimulasikan sebagai capres. Sementara nama Anies Baswedan, masih berada di posisi ketiga di bawah bayang-bayang Ganjar dalam simulasi cawapres tersebut.

Sebagai informasi, Litbang Kompas melaksanakan surveinya dengan metode wawancara tatap muka sepanjang 29 April-10 Mei 2023. Survei ini melibatkan 1.200 responden dari 38 Provinsi di Indonesia.


sinpo

Komentar: