DPR Minta Pemerintah Kaji Rencana Impor Dua Juta Ton Beras

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 24 Mei 2023 | 09:25 WIB
Ilustrasi (Sinpo.id/Getty images)
Ilustrasi (Sinpo.id/Getty images)

SinPo.id -  Pemerintah diminta mengkaji rencana impor dua juta ton beras. Wacana itu diharap tidak berdampak terhadap kondisi petani yang saat ini sedang memasuki masa panen raya.

"Jangan sampai impor beras merusak harga beras petani," kata anggota Komisi IV DPR RI Daniel Johan dalam keterangannya, Jakarta, Selasa, 23 Mei 2023.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mempertanyakan program food estate yang seharusnya berdampak pada kesejahteraan petani. 

"Food estate ini kan tujuannya positif dalam mendukung ketahanan pangan nasional, terutama di tengah ancaman dan krisis pangan," ujarnya.

Daniel menilai rencana impor beras perlu dilakukan untuk menghadapi fenomena cuaca panas berkepanjangan (el-nino). Mengingat kondisi el-nino menyebabkan kekeringan yang bisa menekan produksi pangan, termasuk beras. 

Pemerintah mengeklaim impor beras tidak akan mengganggu harga gabah petani dan akan menjadi Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang dikelola Bulog di tengah ancaman el-nino.

Menanggapi hal itu, Daniel meminta pemerintah melakukan data CBP pascapanen raya terkini. Pembaruan data bertujuan untuk memastikan program impor beras sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat atau belum.

"Hal yang harus diperhatikan Pemerintah adalah mengenai data. Jangan juga pemerintah lakukan impor saat panen raya. Itu menjadi berita buruk dan akan mengganggu semangat para petani. Cek dulu produksi dalam negeri, apakah impor bahan pangan seperti beras tepat untuk menghadapi el-nino?" tegas Daniel.

Selain itu, dia menyoroti satuan tugas (Satgas) Pangan yang terkesan terlambat dalam menangani kenaikan harga bahan pangan. Apalagi, Polri dan sejumlah kementerian membentuk Satgas tersebut untuk melakukan pengawasan harga pangan di pasar-pasar.

"Satgas Pangan harus lebih sering turun ke pasar-pasar untuk melakukan pengawasan terhadap harga-harga. Apabila ada inflasi, harus segera dicari akar permasalahannya. Jangan menunggu komoditi pangan naik baru turun ke pasar," tegas dia. 
sinpo

Komentar: